Soloraya
Jumat, 20 Mei 2016 - 15:15 WIB

PEMBANGUNAN PASAR KLEWER : 84 Kios Pasar Dibongkar

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pedagang menutup rolling door kios di sisi barat Pasar Klewer Timur, Solo, Kamis (28/4/2016). Batas akhir pengosongan kios sisi barat yang semula diagendakan Selasa (10/5/2016) diajukan pada Selasa (3/5/2016) untuk menunjang proses pembangunan Pasar Klewer. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Pembangunan Pasar Klewer kembali membongkar 84 kios di Pasar Klewer Timur.

Solopos.com, SOLO–Kios Pasar Klewer timur yang terdampak pembangunan pasar sisi barat meluas. Semula 28 kios dibongkar, kini bertambah lagi 56 unit bakal dibongkar atau total menjadi 84 kios.

Advertisement

Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Kota Solo akan memindahkan 56 pedagang ke pasar darurat Alun-alun Utara (Alut) seusai Lebaran. Kepala DPP Subagiyo telah menyosialisasikan rencana pembongkaran bangunan kios kepada pedagang Pasar Klewer sisi timur.

“Nanti sesuai jadwal kami, pemindahan pedagang paling lambat Senin (11/7). Baru setelah itu kios kita robohkan,” kata Subagiyo ketika berbincang dengan Solopos.com, Jumat (20/5/2016).

Subagiyo mengemukakan 56 kios bakal terdampak pembangunan pasar sisi barat yang kini tengah dikerjakan. Sebelumnya 28 kios pasar sisi timur telah dibongkar, dan pedagang direlokasi ke pasar darurat. Keberadaan kios tersebut berada di lorong pasar penghubung pasar timur dan barat. Sesuai grand desain, 28 kios dibongkar untuk akses pintu masuk Pasar Klewer barat maupun timur. Sedangkan 56 kios lainnya terdampak untuk area safety atau keselamatan pasar.

Advertisement

“Pemkot diminta menyediakan area safety atau keselamatan pasar. Nah 56 kios ini bakal terkena untuk area safety itu,” katanya.

Sebagaimana 28 pedagang pasar timur, nasib 56 pedagang juga akan mendapatkan kios di pasar barat sebagai pengganti. DPP menyiapkan bagi pedagang di lantai 2 pasar baru nanti. Saat ini, Subagiyo mengatakan pembangunan Pasar Klewer tahap II sudah dikerjakan. Pembangunan ditargetkan rampung akhir tahun nanti. Selain pembangunan Klewer tahap II, Pemkot juga tengah menyiapkan rencana merevitalisasi Pasar Klewer sisi timur. Tahapan pertama revitalisasi pasar timur dimulai dengan pembongkaran 84 kios.

“Mereka sementara ditempatkan di pasar darurat Klewer di Alun-alun Utara. Nanti pedagang akan ditempatkan di Pasar Klewer baru,” katanya.

Advertisement

Salah satu pedagang Pasar Klewer timur, Hadi, mengaku tidak mempersoalkan rencana pembongkaran kios miliknya bersama puluhan pedagang lain oleh Pemkot. Dia menerima keputusan Pemkot, termasuk penempatan kios nanti di pasar darurat maupun pasar baru. “Kami manut saja sama DPP. Asalkan kami tetap diberi kios pengganti,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif