Jogja
Jumat, 20 Mei 2016 - 02:40 WIB

PEMBANGUNAN KULONPROGO : Proyek Infrastruktur di Kawasan Menoreh Dipercepat

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

Pembangunan Kota Menoreh di Kecamatan Samigaluh didahului membangun sarana dan prasarana.

Harianjogja.com, KULONPROGO – Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, akan mempercepat pembangunan infrastruktur di Kecamatan Samigaluh untuk memperlancar perekonomian di “Kota Menoreh”.

Advertisement

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo seperti dikutip Antara, Kamis (19/5/2016), mengatakan pada 2016 pembangunan Kota Menoreh di Kecamatan Samigaluh didahului membangun sarana dan prasarana pendukung seperti lampu jalan, trotoar, taman, jalan, tempat penginapan seperti homestay, pembenahan tempat wisata, pengelolaan tempat sampah, fasilitas umum, dan penunjang lainnya.

“Untuk mewujudkan Kota Menoreh perlu ada sinergisitas antara Kecamatan Samigaluh dan Kecamatan Kalibawang, karena kedua kecamatan tersebut merupakan penopang wisata Candi Borobudur,” kata dia.

Menurut dia, Samigaluh kaya akan potensi wisata dan produk lokal yang luar biasa sehingga hal tersebut merupakan modal besar dalam upaya mewujudkan Kecamatan Samigaluh sebagai Kota Menoreh.

Advertisement

“Kota Menoreh akan mendukung rencana pembangunan bedah menoreh yang menghubungkan antara bandara di Kecamatan Temon dengan Kecamatan Samigaluh dan Kecamatan Kalibawang ke lokasi objek Wisata Candi Borobudur,” kata Hasto.

Ia mengatakan adanya objek wisata alam maupun objek wisata lainnya yang sangat indah dan produk lokal yang luar biasa, seperti hasil bumi, pertanian, perikanan, dan peternakan yang dikelola serta dikonsumsi sendiri di daerah tersebut.

Pada saat berkunjung ke objek wisata “Gua Sriti dan Watu Tekek”, dirinya terkesan dan mendorong agar pemerintah kecamatan terus membenahi dan mempromosikan tempat wisata tersebut.

Advertisement

Ia minta Camat Samigaluh agar mendatangkan pasir putih untuk menimbun tanah dalam gua supaya tampak indah dan tidak licin bila pengunjung memasuki gua.

“Hal ini akan memiliki nilai tambah dan menunjang kelengakapan Kota Menoreh,” kata politis muda PDI Perjuangan ini.

Camat Samigaluh Setiawan Tri Widada mengatakan bahwa Samigaluh dipilih menjadi Kota Menoreh karena Samigaluh menjadi penyangga kecamatan-kecamatan yang ada diperbukitan menoreh sebagai ikon Kota Menoreh.

Untuk menjadi Kota Menoreh syarat utama tentunya harus ada akses jalan lingkar, terpenuhinya sarana/prasarana transportasi, terpasangnya lampu kota, ruang publik, dan ruang bermain, olahraga dan fasilitas umum lainnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif