Otomotif
Jumat, 20 Mei 2016 - 22:45 WIB

MOBIL VOLVO : Gebrak Pasar, Volvo Rilis Sedan dan SUV Kecil

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - SUV Volvo XC40 Concept. (Autoblog.com)

Mobil Volvo S40 dan XC40 diproduksi bersama pabrikan Tiongkok.

Solopos.com, STOCKHOLM – Sempat kurang terdengar gaungnya, Volvo kembali membuat gebrakan dengan merilis mobil baru jenis sedan dan SUV. Statusnya masih prototipe, namun pabrikan asal Swedia itu berjanji akan memproduksinya.

Advertisement

Seperti dilansir laman Autoblog, Jumat (20/5/2016), mobil Volvo terbaru versi sedan diberi nama S40 Concept dan XC40 Concept untuk versi SUV. Keduanya dibagun dari basis Compact Modular Architecture (CMA) khusus untuk mobil segmen entry level.

Secara garis besar S40 dan XC40 memiliki desain serupa yang mengadopsi milik Volvo S90 terbaru. Bedanya, Volvo kini lebih berani bermain dengan banyak lekukan sehingga dua mobil terbarunya itu cenderung lebih sporty dan jauh dari kesan kaku.

Volvo XC40 sebagai sebuah SUV memiliki atap dan ground clearance lebih tinggi. Keunikan terdapat pada bentuk lampu belakang yang dibuat menyerupai bumerang. Entah disengaja atau tidak, bentuk tersebut mirip pada Nissan Juke.

Advertisement

Sedan Volvo S40 Concept. (Autoblog.com)

Sementara Volvo S40 dibuat lebih landai, termasuk atapnya yang menerapkan gaya melayang (floating roof). Lampu belakangnya memiliki bentuk C bersudut yang elegan. Selain sedan, konsep S40 juga akan dikembangkan menjadi sebuah hatchback.

Perihal dapur pacu, dua mobil yang menyasar konsumen muda itu rencananya dibekali mesin T5 Plug-in Hybrid yang lagi-lagi diadopsi dari Volvo S90. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi matik dual clutch tujuh percepatan.

Advertisement

Presiden Riset dan Pengembangan Volvo, Peter Mertens juga berjanji akan menghadirkan unit yang dibekali mesin bensin empat silinder untuk varian performa tinggi. Ada pula varian electric vehicle (EV) dengan mesin bertenaga listrik sepenuhnya.

Tetapi perlu dicatat, mobil yang dijadwalkan mengaspal pada 2017 itu tidak diproduksi sendirian oleh Volvo. Mereka bekerja sama dengan Geely, pabrikan asal Tiongkok yang juga ambil bagian dalam proyek mobil Esemka di Indonesia.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif