Lifestyle
Jumat, 20 Mei 2016 - 12:00 WIB

KULINER SOLO : Mencicipi Manisnya Nugget Pisang Tiramisu

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nugget Pisang Tiramisu di Kedai Gedhang Girang (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Kuliner Solo kali ini menyajikan menu olahan pisang.

Solopos.com, SOLO – Siapa yang tidak mengenal buah pisang? Buah tropis ini begitu disukai oleh banyak orang. Buah yang kaya akan kandungan vitamin ini sangat baik untuk kesehatan. Selain bisa dimakan langsung, buah yang rasanya manis ini sering kali dijadikan bahan dasar pembuatan makanan maupun pendamping.

Advertisement

Seiring dengan perkembangan zaman, buah pisang kini bisa diolah menjadi beragam makanan. Seperti yang ditawarkan di Kedai Gedhang Girang yang menyediakan bermacam kudapan dari pisang. Salah satu menu yang cukup favorit adalah nugget pisang tiramisu.

Sekilas, menu yang ditawarkan di kedai yang beralamat di Jl Tirtosari No. 4 Purwonegaran, Solo tersebut mirip dengan nugget pada umumnya. Namun siapa yang bisa menyangka kalau nugget itu berasal dari buah pisang raja. Nugget tersebut terbuat dari pisang raja yang diiris memanjang dan digoreng bersama adonan tepung roti.

Nugget pisang yang sudah matang kemudian disajikan di atas piring dan disiram dengan saus tiramisu. Saat Espos mencicipinya, nugget pisang tersebut terasa kress di mulut. Meski sudah digoreng, pisang tidak begitu lembek. Rasa manis pisang yang digoreng bersama tepung roti tercampur sempurna dengan saus tiramisu yang manis. Tak ketinggalan nugget pisang itu ditaburi dengan bubuk kopi agar aromanya semakin kuat.

Advertisement

Kudapan nugget pisang tiramisu tersebut dijual seharga Rp8.000/porsi. Selain tiramisu, nugget pisang tersebut juga tersedia dengan rasa green tea, coklat, stroberi, cappuccino, blueberry, dan vanilla. Nugget pisang tersebut juga bisa dikombinasikan dengan ekstra topping keju, almond, meses, dan oreo.

Selain nugget pisang, kedai setempat memiliki menu es gedhang girang. Minuman tersebut terdiri atas buah pisang, alpukat, nata de coco, dan mutiara. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dengan es serut dan diberi topping es krim coklat serta ditaburi choco chips.

Meski telah dicampur dengan bermacam bahan lainnya, rasa dan aroma pisang tetap terasa. Manisnya es krim cokelat yang telah meleleh semakin menambah nikmat es gedhang girang.

Advertisement

Pemilik Kedai Gedhang Girang, Imron Sungkar, mengatakan bermacam kuliner pisang tersebut diluncurkan agar masyarakat lebih familiar terhadap buah tersebut.

“Buah pisang itu ternyata tidak hanya dijadikan pisang goreng melulu, tetapi ini lho ada banyak varian yang bisa dibuat,” ucapnya saat ditemui solopos.com, Selasa (17/5/2016) malam.

Imron mengatakan buah pisang bisa dijadikan camilan yang mewah. Saat ini, dia membidik kalangan remaja dan anak muda sebagai pelanggan. Selain harga yang murah, makanan yang disajikan juga sesuai dengan selera anak muda sekarang.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif