Sport
Jumat, 20 Mei 2016 - 02:00 WIB

KABAR PEMBALAP : Vinales Resmi ke Yamaha, Dikontrak 2 Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Maverick Vinales. (Crash.net)

Kabar pembalap Maverick Vinales yang bergabung dengan Yamaha Movistar mulai musim depan.

Solopos.com, MUGELLO – Akhirnya, teka-teki mengenai siapa pengganti Jorge Lorenzo di Yamaha Movistar terjawab. Adalah pembalap Suzuki, Maverick Vinales, yang bakal mengisi kekosongan driver di Yamaha musim depan.

Advertisement

Vinales menandatangani dua tahun kontrak bersama Yamaha. Itu artinya dia akan menunggangi motor tim Garpu Tala pada musim 2017 dan 2018. Suzuki sendiri telah berusaha keras untuk menahan Vinales, tapi pembalap 21 tahun itu tetap ingin pergi. Suzuki pun akhirnya merekrut Andrea Iannone dari Ducati yang posisinya tergantikan dengan datangnya Lorenzo.

Vinales tampil baik di musim pertamanya di Motogp. Setelah sukses di Moto2 dia naik kelas ke Motogp dan bergabung dengan Suzuki di musim 2015. Menariknya itu adalah musim perdana Suzuki comeback ke Motogp setelah beberapa musim vakum.

Sebagai rookie, Vinales tampil baik dengan berada di atas Aleix Espagaro yang merupakan seniornya di Suzuki. Di musim ini, Vinales juga mempersembahkan podium pertama untuk Suzuki sejak comeback ke Motogp. Vinales finis ketiga di GP Prancis, dua pekan lalu.

Advertisement

Namun upaya Suzuki untuk mempertahankan Vinales sirna. Si pembalap yang kontrakanya dengan Suzuki memang habis pada akhir musim ini memilih pindah ke Yamaha. Tentu saja iming-imingnya adalah tampil lebih maksimal dengan motor Yamaha yang merupakan motor juara musim lalu.

“Dengan senang hati Yamaha Motor Co. Ltd mengumumkan penandatanganan Maverick Vinales untuk bergabung dengan Movistar Yamaha Motogp pada musim 2017 dan 2018,” demikian pernyataan resmi Yamaha yang dikutip dari Crash.net, Kamis (19/5/2016).

“Vinales yang saat ini berada di posisi kelima klasemen sementara pembalap Motogp 2016 akan bermitra dengan juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi, yang perpanjangan kontraknya sudah diumumkan pada Maret 2016 lalu,” sambung pernyataan itu.

Advertisement

Vinales memulai debut di Kejuaraan Dunia pada 2011 di kelas 125 cc. Prestasi pembalap 21 tahun itu adalah menjuarai Kejuaraan Dunia Moto 3 pada musim 2013 lalu. Dia juga mendapat penghargaan sebagai Rookie of the Year sebanyak tiga kali yakni pada 2011 (125 cc), 2014 (Moto2), dan 2015 (Motogp).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif