Teknologi
Jumat, 20 Mei 2016 - 05:30 WIB

INOVASI TEKNOLOGI : Qualcomm-Google Kembangkan Android di Mobil

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Qualcomm Snapdragon 820 (Okezone)

Inovasi teknologi Android yang ditanam di kendaraan  roda empat sedang dikembangkan Qualcomm dan Google.

Solopos.com, JAKARTA — Qualcomm melalui anak perusahaannya, Qualcomm Technologies Inc, bekerja sama dengan Google dalam sebuah inisiatif untuk membawa sistem operasi Android yang ditanamkan langsung dalam mobil menjadi lebih powerfull.

Advertisement

Seperti dilansir Antara, Kamis (19/5/2016), inovasi teknologi tersebut bertujuan untuk membantu para produsen mobil untuk membuat sistem hiburan yang bertenaga dengan menggunakan Android sebagai platform dasar.

“Kombinasi prosesor Snapdragon Automotive dan Android akan memungkinkan ekosistem otomotif untuk membuat mobil yang terkoneksi dengan Internet dan platform hiburan yang mutakhir,” kata Vice President Product Management Qualcomm, Nakul Duggal.

Advertisement

“Kombinasi prosesor Snapdragon Automotive dan Android akan memungkinkan ekosistem otomotif untuk membuat mobil yang terkoneksi dengan Internet dan platform hiburan yang mutakhir,” kata Vice President Product Management Qualcomm, Nakul Duggal.

“Android sebagai sistem operasi hiburan dalam mobil akan memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk berinteraksi dengan kendaraan mereka melalui cara baru dan menarik,” sambung dia.

Inovasi teknologi Android akan memudahkan dalam menambahkan layanan dan aplikasi yang terkoneksi dengan Internet, dan di saat yang sama juga memberikan pengalaman mengemudi yang lebih aman dan intuitif.

Advertisement

Fungsi-fungsi dari mobil konsep yang didemonstrasikan pada Google I/O 2016 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 820 Automotive untuk mobil-mobil dan hiburan di dalamnya yang terkoneksi dengan Internet.

Dengan CPU berdesain khusus dan hemat daya, performa GPU yang menakjubkan, modem LTE X12 yang mampu memberikan kecepatan Cat 12, dan kemampuan memproses video yang unggul, prosesor andalan Qualcomm Snapdragon 820 Automotive memberikan solusi dengan skala yang disesuaikan kepada para produsen mobil yang terkoneksi, pintar, dan awas.

Produsen mobil, pemasok dan pengembang otomotif dapat membuat solusi hiburan dalam mobil yang berbasis Android dengan menggunakan Automotive Development Platforms (ADP) untuk prosesor Snapdragon 820A dan Snapdragon 602A.

Advertisement

ADP yang dapat dibeli melalui Intrinsyc, akan memberikan akses ke dalam platform untuk pengembangan, percobaan, optimalisasi dan menunjukkan solusi hiburan generasi berikutnya.

Dengan menggunakan platform tersebut, OEM, pengembang dan integrator sistem dapat secara signifikan mengurangi waktu dan risiko pengembangan software, dan memulai proses kualifikasi final untuk produksi software lebih awal.

Qualcomm dan Google akan mendemonstrasikan konsep Android dalam mobil yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon 820A dalam Sandbox pada acara Google I/O 2016 hari ini hingga besok.

Advertisement

Dikutip dari Gsmarena, Kamis, teknologi terbaru Snapdragon 820 A dan 820 AM akan dijadikan penerus Snapdragon 620 A. Dua prosesor anyar Qualcomm itu juga dibekali CPU 64-bit Kryo, GPU Adreno 530 dengan kecepatan long term evolution (LTE) mencapai 600 Mbps.

CEO Qualcomm Steve, Mollenkopf, mengatakan dua teknologi terbaru Snapdragon 820 A dan 820 AM itu memiliki QNX, CarPlay dan Android Auto meningkatkan performa mobil.

Menurut Qualcoom, kecepatan Kyro jauh lebih tinggi daripada Snapdragon 810. Sementara GPU Adreno 530, lebih cepat 40% daripada Adreno 430 yang ada di Snapdragon 810.

Teknologi terbaru prosesor Snapdragon 820 memiliki sensor kamera dengan resolusi 28 megapiksel (MP). Sensor 23 MP bisa digunakan untuk merekam dan memutar video 4K. Artinya prosesor itu mendukung  pembuatan film-film layar lebar.

Di dalam teknologi terbaru Snapdragon 820 akan dibekali fitur Quick Charge 3.0. fitur pengisian cepat itu bisa membuat baterai ponsel terisi tiga hingga empat kali lipat lebih cepat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif