Jogja
Kamis, 19 Mei 2016 - 22:20 WIB

WISATA JOGJA : Breksinergi Tampilkan Beragam Potensi Wisata DIY

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tangga menuju atas Tebing Breksi. Kawasan bekas penambangan ini menjadi destinasi wisata bernilai seni. (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Jogja akan dimeriahkan dengan kegiatan Breksinergi

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bekerja sama dengan Lintas Komunitas Istimewa Peduli Pariwisata, masyarakat Sambirejo dan insan akademisi Universitas Pembangunan Negeri Veteran Jogja, akan mengadakan kegiatan Aksi Lintas Komunitas Peduli Wisata #2 dengan mengusung tema “Breksinergi 2016” pada 21-22 Mei 2016.

Advertisement

Kegiatan ini bertempat di obyek wisata Tlatar Seneng, Taman Breksi, Sambirejo, Prambanan, Sleman.

Diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata, Aris Riyanta, bahwa lintas komunitas peduli pariwisata ini adalah cetusan keidean yang menjadi wadah bagi kekuatan besar komunitas-komunitas yang ada di Jogja.

“Harapannya lintas komunitas Istimewa peduli pariwisata ini mampu berperan serta secara aktif sebagai wadah kegiatan bersama yang memberikan contoh positif kepada masyarakat,” kata dia dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (18/5/2016).

Advertisement

Aksi lintas komunitas peduli wisata adalah sebuah gagasan serta terobosan kegiatan Dinas Pariwisata DIY bersama dengan pegiat pariwisata dan komunitas dengan berbagai latar belakang kegiatan, aktivitas, dan hobi untuk bersama bersinergi mendukung kepariwisataan DIY, membangun jalinan silaturahmi dan komunikasi yang positif guna membangun sikap kepedulian terhadap kepariwisataan sebagai wujud kecintaan terhadap Jogja.

Jogja menurut Aris merupakan kota alternatif tujuan wisata yang mampu menyajikan berbagai macam pilihan mulai dari wisata alam, wisata religi, seni budaya, kulinernya serta wisata minat khusus yang bermunculan dari waktu kewaktu. Jogja juga memiliki beragam komunitas.

Akan keberadaan komunitas-komunitas inilah pada tahun 2015 muncul sebuah gagasan dari 30 komunitas bersama dengan Dinas Pariwisata DIY untuk saling bersinergi dalam wadah “Forum Komunikasi Lintas Komunitas Peduli Pariwisata DIY” dan mendeklarasikannya pada tanggal 31 Mei 2015 bertempat di Tlatar Seneng, Breksi, Candi Ijo, Jogja.

Advertisement

Aris mengatakan, konsep kegiatan yang dibangun bersama untuk tujuan meningkatkan kepedulian terhadap pariwisata Jogja di antaranya pertama,  peresmian taman lintas komunitas yang akan dimulai dengan penanaman pohon buah sejumlah 300 bibit.

Kegiatan kedua, talkshow dan ulang deklarasi yang diikuti oleh pramuka, masyarakat, tamu undangan dan perwakilan anggota Lintas Komunitas Istimewa Peduli Pariwisata dengan para nara sumber GKR Mangkubumi, kepala Dinas Pariwisata daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala Dinas Kebudayaan, dan dari akademisi UPN “Veteran”.

Ketiga, lomba mewarnai tong sampah yang kemudian hasilnya akan diberikan kepada pengelola Obyek Wisata Tlatar Seneng. Dan keempat, kegiatan pembagian tote bag sejumlah 1000 tote bag kepada para peserta gathering, masyarakat dan pengunjung obyek wisata Tebing Breksi.

Kegiatan ini juga akan dimeriahkan dengan pengibaran 300 bendera olah pramuka, serta berbagai sajian kuliner dari masyarakat setempat. “Acara ini tak hanya menyuguhkan beragam potensi serta keunikan namun juga layak untuk diikuti dan dinikmati oleh baik peserta, masyarakat, maupun wisatawan,” tutup Aris.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif