Jogja
Kamis, 19 Mei 2016 - 11:55 WIB

UN SD 2016 : Di Jogja, Hampir Setiap Hari ada Siswa Peserta Ujian yang Tak Datang

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ujian sekolah. Ujian di masa sebelum pandemi Covid-19. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

UN SD 2016 di Jogja, ada 12 siswa yang tidak ikut ujian reguler

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Pendidikan Kota Jogja menyatakan penyelenggaraan Ujian Akhir Sekolah (Uasda) di Jogja berjalan lancar.

Advertisement

Tidak ada kendala yang berarti, hanya ada beberapa siswa yang tidak hadir saat ujian dan terpaksa harus ikut ujian susulan pada pekan depan.

“Ada 12 siswa yang harus ikut ujian susulan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja, Edy Heri Suasana saat meninjau Uasda di SD Negeri Randusari, Prenggan, Kotagede, bersama Walikota Jogja Haryadi Suyuti, Rabu (18/5/2016).

Edy mengatakan total peserta Uasda 8.150 siswa. Beberapa tidak hadir karena berbagai alasan, karena sakit, mengundurkan diri, dan ada juga tidak hadir tanpa alasan. “Hampir tiap hari ada siswa yang tidak datang saat ujian,” katanya.

Advertisement

Namun demikian, jumlah ujian susulan itu diakuinya tidak terlalu banyak. Karena selama ini pihaknya melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) juga mempermudah proses Uasda bagi siswa yang berhalangan.

Ada siswa yang ujiannya dilakukan di ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan ada jug yang dilaksanakan di rumah. Menurut Edy, uasda tetap kondusif karena tim pengawas dilakukan secara silang.

Ia juga menjamin tidak ada kebocoran soal seperti yang dikhawatirkan sebelumnya. Soal yang masuk dalam berkas dokumen negara itu sudah tertulis masing-masing sekolah. Tidak ada sisa soal atau pun soal cadangan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif