Otomotif
Kamis, 19 Mei 2016 - 09:10 WIB

TIPS OTOMOTIF : Cari Mobil MPV Nyaman? Pastikan 5 Syarat Ini

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil keluarga (Huffingtonpost.com)

Tips otomotif kali ini tentang patokan memilih MPV yang cocok untuk keluarga.

Solopos.com, SOLO — Memiliki kabin lapang menjadikan MPV sebagai mobil yang tepat untuk berpergian bersama keluarga, terlebih untuk perjalanan jauh dan mudik. Tetapi jangan lupakan faktor kenyamanan. Untuk lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Advertisement

Ada lima syarat yang harus dipenuhi mobil MPV supaya bisa disebut nyaman. Seperti dilansir laman Liputan6, Selasa (17/5/2016), syarat pertama adalah mobil harus memiliki bangku untuk tujuh hingga delapan orang termasuk sopir.

Itu supaya tidak ada anggota keluarga yang merasa kesempitan atau harus dipangku selama perjalanan. Usahakan pula jok paling belakang memungkinkan penumpang memiliki pandangan yang luas.

Syarat kedua, mobil MPV nyaman haruslah memiliki sistem penyejuk udara (AC) double blower sehingga penumpang bangku tengah dan belakang tetap mendapat hembusan angin segar serta tidak merasa gerah.

Advertisement

Keselamatan keluarga selama perjalanan adalah aspek terpenting. Karena itu mobil MPV wajib memiliki perangkat keselamatan sebagai syarat ketiga. Itu meliputi kantung udara (airbag) minimal untuk bangku paling depan, sabuk pengaman untuk semua penumpang, side impact beam, serta rem ABS.

Syarat keempat, mobil MPV harus memiliki ruang bagasi. Sebab semakin banyak orang yang diangkut, barang bawaan tentunya akan semakin banyak. Syarat kelima, mobil MPV sebaiknya memiliki fitur hiburan seperti audio, layar LCD, dan sistem navigasi. Tetapi syarat terakhir itu opsional dan bukan suatu keharusan.

Dihimpun Solopos.com, di segmen MPV entry level Anda dapat memilih Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, dan Nissan Grand Livina. Sedangkan di segmen menengah ke atas pilihannya lebih banyak, beberapa di antaranya Toyota Kijang Innova, Mazda Biante, Nissan Serena, dan Mitsubishi Delica.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif