Soloraya
Kamis, 19 Mei 2016 - 07:00 WIB

RAZIA KARANGANYAR : 420 Pengemudi Dikenai Tilang

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas menggelar razia kendaraan bermotor dalam rangka Operasi Zebra Candi. (Bony Eko Wicaksono/JIBI/Solopos)

Razia Karanganyar digelar lewat operasi Patuh Candi 2016.

Solopos.com, KARANGANYAR — Selama penyelenggaraan Operasi Patuh Candi 2016, Satlantas Polres Karanganyar telah menindak sekitar 420 kendaraan, sebagian besar sepeda motor.

Advertisement
Pelanggaran yang paling banyak ditemukan tidak memiliki surat ijin mengemudi (SIM), tak punya surat tanda nomor kendaraan (STNK), bobot muatan berlebih, dan melanggar rambu lalu lintas.
Penjelasan itu disampaikan Kapolres Karanganyar, AKBP Mahedi Surindra, melalui Kasatlantas, AKP Suryo Wibowo, saat ditemui wartawan di sela operasi di depan Rumdin Bupati, Rabu (18/5/2016).
“Sudah ada ratusan kendaraan yang terjaring operasi kami beberapa hari terakhir. Mayoritas pelanggaran, pengendara tidak membawa surat-surat, seperti SIM dan STNK,” tutur dia.
Kasatlantas mengatakan ada juga pelanggaran sepeda motor yang dipasangi beronjong. Lebar beronjong seharusnya tidak boleh melebihi lebar dari setang kemudi sepeda motor.
Menyikapi ketentuan itu, Satlantas mengenakan tilang kepada pengendara sepeda motor berberonjong. Dasarnya Pasal 279 jo Pasal 58 Undang-undang (UU) Nomor 22/2009.
“Selain lebarnya tidak boleh melebihi lebar setang kemudi, tinggi beronjong tidak boleh melebihi kepala. Aturannya sudah jelas. Kami sebatas menjalankan aturan tersebut,” imbuh dia.
AKP Suryo menjelaskan Operasi Patuh digelar mulai Senin (17/5) lalu. Diharapkan, operasi yang akan berlangsung hingga akhir Mei, meningkatkan kepatuhan pengguna jalan.
Terkait efektivitas operasi, menurut dia perlu diikuti dengan pemberian sanksi yang tegas. Tujuannya untuk memberikan efek jera kepada para pelanggar. “Harus ada efek jera,” kata dia.
Sedangkan salah satu pengguna jalan, Tutik, mendukung penegakan aturan berlalu lintas. Menurut dia ketertiban berlalu lintas penting demi keselamatan pengguna jalan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Razia Karanganyar
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif