Sport
Kamis, 19 Mei 2016 - 08:40 WIB

ISC B 2016 : Persis Jajal Taktik Pressure

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain Persis Solo tengah beratih untuk menghadapi Final Piala Polda dan Piala Kemerdekaan. JIBI/Solopos/dok

ISC B 2016 akan menyajikan duel Persis melawan Persika.

Solopos.com, SOLO — Persis Solo terus mematangkan strategi supaya tampil apik dalam partai tandang ke markas Persika Karawang, di Stadion Singaperbangsa, Karawang, Minggu (22/5/2016) sore. Laskar Sambernyawa, julukan Persis, butuh menang demi mengamankan diri supaya lolos dari fase Grup III ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) B 2016.

Advertisement

Dalam latihan rutin di Stadion Sriwedari, Rabu (18/5/2016) pagi, para penggawa Sambernyawa terus digeber game di lapangan. Salah satunya adalah melakukan pressure terhadap lawan. Hal ini dilakukan supaya rival tak punya waktu untuk mengatur serangan.

“Kami masih terus mengasah soal maintenance dan pressure. Artinya ini bagaimana menekan lawan saat bermain sehingga mereka tak punya waktu untuk mengatur strategi,” papar pelatih Persis Solo, Widyantoro, kepada wartawan, Rabu.

Strategi menekan lawan merupakan usaha untuk secepat mungkin merebut bola yang hilang di daerah pertahanan lawan. Namun demikian, para pemain dituntut untuk bertindak agresif menekan lawan. Seperti, menempatkan beberapa pemain sekaligus untuk menempel rival.

Advertisement

Taktik ini memang sangat efektif dilakukn oleh tim yang memiliki penyerang yang agresif dan cepat. Akan tetapi, pemain bakal terkuras tenaganya karena harus terus aktif saat menyerang maupun bertahan.

“Pada latihan berikutnya baru lah adu taktik sebaliknya, yakni bagaimana saat tim keluar dari tekanan lawan,” imbuhnya.

Ya, Bayu Andra dkk. masih punya waktu hingga Jumat (20/5/2016) untuk persiapan sebelum berangkat ke Karawang. Namun demikian, pelatih yang akrab disapa Wiwid ini belum menentukan siapa yang bakal dipasang sebagai starter dalam partai away kedua tersebut. Keputusan itu akan dibikin setelah melihat latihan rutin, Kamis (19/5/2016).

Advertisement

Di samping itu, Persis mendapat kabar baik, yakni bergabungnya striker Robby Fajar dengan berlatih bersama rekan-rekannya. Memang, setelah cedera lutut, pemain yang akrab disapa Batoum sudah kembali ke lapangan, hanya ia berlatih terpisah.

“Iya, Batoum sudah ikut game sedikit demi sedikit. Namun demikian, Fernando Pongajow [bek] otot kakinya agak ketarik setelah uji coba lawan Persis Muda kemarin. Akan tetapi, itu tidak masalah dan semoga tetap bisa main untuk besok,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif