Jateng
Rabu, 18 Mei 2016 - 13:50 WIB

TRANSPORTASI SEMARANG : Kini, Damri Layani Penumpang Stasiun Tawang ke Demak, Kudus, dan Pati

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Stasiun Tawang, Semarang (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Transportasi Semarang semakin lengkap seiring kerja sama PT KAI dengan Damri yang melayani penumpang dari Stasiun Tawang ke Demak, Kudus, dan Pati.

Semarangpos.com, SEMARANG — Transportasi Semarang kini semakin lengkap seiring kerja sama PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerja sama dengan Perum Damri mengintegrasikan moda transportasi dari Stasiun Tawang. Bus-bus Damri kini siap melayani penumpang dari Stasiun Tawang ke Demak, Kudus, dan Pati.

Advertisement

“Ini merupakan layanan berkelanjutan dari kereta api ke bus tanpa harus susah cari kendaraan keluar stasiun,” terang Wakil Kepala PT KAI Daops IV Semarang Mateta Rijalulhaq di Semarang, Selasa (17/5/2016). Hal itu diungkapkannya seusai peluncuran terminal khusus Damri di Stasiun Tawang yang menghubungkan rute Semarang-Demak-Kudus-Pati PP (pulang-pergi) dengan penyediaan tiga armada shuttle bus.

Beberapa wilayah di Jawa Tengah, tidak memiliki stasiun untuk pemberhentian KA, seperti Demak, Kudus, dan Pati, padahal daerah-daerah itu menjadi penyumbang cukup besar penumpang KA di Semarang. Maka dari itu, ia mengatakan pengintegrasian KA itu dilakukan sebagai bentuk sinergitas antarperusahaan yang notabene badan usaha milik negara (BUMN) yang sama-sama bergerak di bidang transportasi.

“Pengintegrasian angkutan ini untuk mendukung angkutan Lebaran. Masyarakat menjadi lebih dimudahkan dalam mencari angkutan terusan atau lanjutan dari Stasiun Tawang Semarang,” katanya. Dengan adanya shuttle bus Damri, menurut Mateta, para penumpang yang hendak berlebaran atau mudik ke wilayah pantai utara Pulau Jawa bagian timur tidak lagi kesulitan mencari angkutan begitu turun dari KA di Stasiun tawang.

Advertisement

Sementara itu, Area Manager Perum Damri Divisi Regional (Divre) II Jateng, DIY dan Kalimantan, Joko Sapto Aji mengatakan pihaknya telah menyediakan tiga unit shuttle bus untuk melayani penumpang pelengkap moda transportasi Semarang itu. Kapasitas masing-masing bus adalah 12 penumpang, tetapi jika animo penumpang untuk menggunakan shuttle bus terusan itu semakin besar maka akan ditambah atau diganti dengan bus lebih besar.

Jadwal keberangkatan shuttle bus yang disiagakan Perum Damri di Stasiun Tawang, lanjut dia, dioperasikan sesuai dengan jam kedatangan KA di stasiun tersebut, sehingga penumpang tidak perlu menunggu lama. Pengguna moda transportasi lanjutan dari Stasiun Tawang itu juga akan diberikan layanan khusus, kata dia, yakni penumpang yang menunjukkan tiket KA akan mendapatkan diskon sebesar 10%.

Tarif shuttle bus Damri penyempurna moda transportasi Semarang itu dari Stasiun Tawang menuju Demak, Kudus, dan Pati adalah Semarang-Demak Rp35.000/orang, Semarang-Kudus Rp40.000/orang, dan Semarang-Pati Rp50.000/orang, demikian juga sebaliknya.

Advertisement

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif