Jogja
Rabu, 18 Mei 2016 - 02:40 WIB

TRADISI DI BANTUL : Jumlah Kepemilikan Gerobak Sapi Meningkat

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Ketua DPD RI, GKR Hemas, seusai menikmati perjalanan menggunakan gerobak sapi, Rabu (29/4/2015). (Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

Dua tahun lalu jumlah anggota paguyuban hanya sebanyak 20 orang.

Harianjogja.com, BANTUL- Pertumbuhan gerobak sapi di Bantul meningkat pesat dalam dua tahun terakhir. Tradisi gerobak sapi memiliki banyak manfaat.

Advertisement

Humas Paguyuban Gerobak Sapi Guyub Rukun Bantul Toh Budi mengatakan, dua tahun lalu jumlah anggota paguyuban hanya sebanyak 20 orang. Namun dalam waktu dua tahun jumlahnya melonjak menjadi 50 anggota. “Rata-rata tiap bulan itu pasti ada anggota baru,” terang Toh Budi ditemui Selasa(17/5/2016).

Tiap anggota mayoritas minimal memiliki satu gerobak sapi yang ditarik dua ekor sapi. Pesatnya pertumbuhan gerobak sapi seiring maraknya berbagai event kesenian dan budaya yang melibatkan gerobak sapi. Seperti kirab budaya, peringatan Hari Kartini, hingga event rutin seperti festival gerobak sapi. “Terakhir di Bantul Agustus lalu ada event gerobak sapi, nanti ada lagi yang digelar oleh Pemerintah DIY,” imbuhnya lagi.

Gerobak sapi kini lebih banyak dijadikan hobi oleh anggota. Namun manfaatnya kata dia tidak sekadar hobi. Gerobak sapi kini menjadi salah satu ikon wisata di DIY. Tidak sedikit wisatawan berdatangan ke Jogja hanya untuk menumpang naik gerobak sapi berkeliling Jogja.

Advertisement

Selain menjadi ikon wisata, gerobak sapi memiliki banyak manfaat. Antara lain menjadi alat transportasi mengangkut pupuk ke sawah atau mengangkut hasil panen. “Petani juga punya pupuk untuk tanamannya. Selain itu sapi yang digunakan untuk menarik gerobak sering terlatih lebih kuat,” tutur dia. Ia berharap pemerintah mendorong berkembangnya gerobak sapi di Bantul. Antara lain mengikutkan kelompok gerobak sapi ke berbagai event.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif