Otomotif
Rabu, 18 Mei 2016 - 17:10 WIB

SEPEDA MOTOR TVS : TVS Ciptakan Sistem Injeksi Baru, Lebih Irit BBM

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - TVS Apache RTR 200. (Okezone.com)

Sepeda motor TVS akan dibekali mesin dengan sistem injeksi baru.

Solopos.com, NEW DELHI – Pabrikan sepeda motor TVS India telah menerima hak paten sistem mesin injeksi baru bernama Fuel Saving Air Injection System (FSAIS). Sistem baru itu diklaim membuat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) lebih irit.

Advertisement

Pada mesin sepeda motor TVS yang saat ini beredar, sistem injeksi hanya berperan untuk mengurangi kadar emisi gas buang supaya memenuhi standar Euro 3. Meski begitu, hal tersebut tidak berpengaruh banyak dalam menghemat konsumsi BBM.

Sedangkan FSAIS sedikit berbeda, seperti dilansir laman NDTV Auto, Senin (16/5/2016), sistem injeksi baru itu tetap memenuhi Euro 3 namun juga didesain untuk mampu mengurangi pasokan BBM yang masuk ke ruang bakar ketika motor mengurangi kecepatan atau deselerasi.

Sitem injeksi berbasis manipulasi suplai udara itu akan menjadi senjata TVS India untuk bersaing dengan teknologi serupa besutan pabrikan Jepang. Seperti Seperti Eco Technology milik Honda, Blue Core milik Yamaha, serta Eco Performance milik Suzuki.

Advertisement

Sitem mesin injeksi baru itu akan digunakan pada sepeda motor TVS yang diproduksi tahun ini. Kendati demikian pabrikan berlambang kuda merah itu masih merahasiakan model motor yang akan mengaplikasikan FSAIS untuk kali pertama.

 

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif