Soloraya
Rabu, 18 Mei 2016 - 04:30 WIB

BADAN NARKOTIKA KOTA : BNK Solo Dibangun Satu Atap dengan Dinsosnakertrans

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo BNN (Istimewa)

Badan narkotika Kota, Pemkot akan membangun gedung BNK seatap dengan Dinsosnakertrans.

Solopos.com, SOLO–Pemkot Solo merencanakan pembangunan gedung kantor Badan Narkotika Nasional (BNK) Kota Solo, satu atap dengan kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans). Lahan perkantoran Dinsosnakertrans dinilai memadai untuk gedung BNK.

Advertisement

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Rakhmat Sutomo, mengatakan tahapan pembangunan gedung kantor BNK akan dikerjakan mulai tahun ini. “Kantor BNK paling memungkinkan dibangun di lahan kantor Dinsosnakertrans. Dan lokasi itu sesuai dengan arahan Pak Wali Kota,” kata dia ketika dijumpai wartawan di Balai Kota, Selasa (17/5/2016).

Sesuai perencanaan, dia mengatakan kantor BNK akan berdiri satu atap dengan Dinsosnakertrans. Kantor tersebut dinilai representatif lantaran lokasi berada di jalan protokol Kota Bengawan. Selain itu lahan yang dimiliki cukup luas, yakni lebih dari 2.000 meter persegi. Terlebih surat dari Badan Narkotika Nasional (BNN), Pemkot hanya diminta menyediakan lahan 1.000 meter persegi.

“Nanti bangunan kantor Dinsosnakertrans akan dirobohkan terlebih dulu untuk kemudian dibangun ulang, dengan konsep lantai satu dan dua untuk BNK dan lantai diatasnya bisa untuk Dinas Sosial,” katanya.

Advertisement

Menurut Rakhmat, satu bangunan gedung digunakan untuk beberapa kantor tidak masalah. Dia mencontohkan  di Balai Kota satu bangunan ditempati tiga satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dalam satu gedung. “Sebenarnya ada lokasi alternatif lain di Semanggi. Tapi tempatnya terpencil dan bukan di jalan protokol,” katanya.

Disinggung terkait anggaran pembangunan, Rakhmat mengatakan seluruh biaya akan ditanggung BNN. Sesuai surat dari BNN, Pemkot selain diminta menyediakan lahan juga diminta menyiapkan pegawai dan anggaran operasional awal.

“Detail engineering design (DED) akan dibuat pada APBD Perubahan tahun ini dan pelaksanaan 2017,” katanya.

Advertisement

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan, sudah memilih lokasi kantor BNK di lahan kantor Dinsosnakertrans. Pembangunan kantor BNK mendesak dilaksanakan, untuk menekan perederan narkoba di Kota Bengawan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif