News
Selasa, 17 Mei 2016 - 16:30 WIB

Kurs Rupiah Ditutup Menguat 15 Poin, Harga Minyak Kian Menanjak

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menghitung uang tunai rupiah (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Kurs rupiah kembali ditutup menguat hari ini seiring masih melonjaknya harga minyak.

Solopos.com, JAKARTA — Kurs rupiah kembali melanjutkan penguatannya dalam perdagangan hari ini, Selasa (17/5/2016). Dalam penutupan sore ini, rupiah ditutup di level Rp13.295/dolar AS atau menguat 15 poin (0,11%).

Advertisement

Kurs rupiah dibuka menguat tipis sebesar 0,05% atau 7 poin ke Rp13.303/dolar AS pada perdagangan Selasa pagi tadi. Hal ini seiring melonjaknya harga minyak mentah ke level tertinggi dalam enam bulan pada awal perdagangan hari ini.

Naiknya harga sejalan dengan fokus pasar pada gangguan pasokan minyak mentah. Harga minyak WTI kontrak Juni melesat sebesar 1,09% atau 0,52 poin ke US$48,24 per barel pada pukul 11.05 WIB setelah dibuka dengan penguatan sebesar 0,38% atau 0,18 poin di US$47,90 per barel.

Pada saat yang sama, patokan Eropa minyak Brent untuk kontrak Juli juga menanjak sebesar 0,59% atau 0,29 poin ke US$49,26 per barel, melanjutkan penguatan di pagi harinya.

Advertisement

Seperti dilansir Reuters, harga minyak mentah melonjak ke level tertinggi selama kurang lebih enam bulan pada awal perdagangan hari ini sejalan dengan fokus pasar pada gangguan pasokan minyak tanah yang mendorong melampaui perusahaan investasi global Goldman Sachs mengeluarkan pernyataan bullish akan harga dalam jangka pendek.

Tren penguatan harga minyak selama dua minggu terakhir lahir dari kombinasi penghentian produksi di Nigeria, Venezuela, dan wilayah lainnya; penurunan produksi AS; serta pembekuan suplai dari Kanada akibat kebakaran yang melanda wilayah minyak Alberta.

“Meningkatnya intensitas gangguan pasokan pada pasar minyak dapat mendukung harga dalam jangka pendek,” jelas ANZ.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif