Jogja
Senin, 16 Mei 2016 - 09:55 WIB

UNBK 2016 : Tahun Ini di Kulonprogo 2 SMP, Tahun Depan Diharapkan Bertambah

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional yang dilaksanakan dengan sistem computer based test atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Dok.)

UNBK 2016 di Kulonprogo tahun ini ada 2 SMP, tahun depan diharapkan bertambah

Harianjogja.com, KULONPROGO-Dewan Pendidikan Kulonprogo berharap pemerintah melengkapi sarana-prasarana terkait kebutuhan teknologi informasi di sekolah, khususnya jenjang SMP. Hal itu menjadi persiapan agar tahun depan semakin banyak SMP yang bisa menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Advertisement

UNBK jenjang SMP tahun ini hanya dilaksanakan dua sekolah, yaitu SMP Negeri 1 Wates dan SMP Negeri 1 Galur.  Ketua Dewan Pendidikan Kulonprogo, Sardal mengatakan, penyediaan komputer yang sesuai standar harus lebih diperhatikan untuk menghadapi UNBK berikutnya.

Dia berharap, jumlah penyelenggara UNBK SMP 2017 bisa sebanyak dan relatif merata di semua wilayah seperti pada jenjang SMA/SMK tahun ini. “Kalau SMA/SMK sudah jauh lebih banyak, sedangkan SMP baru dua sekolah,”  ujar Sardal, dikonfirmasi pada Minggu (15/5/2016).

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Kulonprogo, Sumarsana mengungkapkan, UNBK SMP tahun ini adalah pengalaman pertama bagi Kulonprogo. Menurutnya, wajar jika hanya dua sekolah yang menyatakan siap menjadi penyelenggara. Hal serupa juga terjadi saat UNBK jenjang SMA/SMK pertama kali dilaksanakan pada 2015 kemarin.

Advertisement

“Dulu juga cuma SMK Negeri 1 Pengasih yang siap tapi tahun ini total bisa ada 25 sekolah,” ujar Sumarsana.

Sumarsana kemudian menargetkan jumlah penyelenggara UNBK SMP bisa terus bertambah. Namun hal itu memang membutuhkan waktu karena pengadaan fasilitas pendukung yang sesuai standar juga akan dilakukan bertahap. Meski demikian, dia berharap setidaknya ada satu sekolah di setiap kecamatan yang mampu dan bersedia melaksanakan UNBK tahun depan.

Sumarsana lalu mengatakan, UN SMP tahun ini secara umum berjalan lancar. Namun, ada empat peserta yang harus mengikuti ujian susulan karena berhalangan hadir saat ujian utama. Mereka masing-masing berasal dari SMP Negeri 1 Temon. SMP Muhammadiyah 2 Wates, SMP Negeri 2 Pengasih, dan SMP Muhammadiyah 1 Kokap.

Advertisement

“Hari pertama kami siapkan soal untuk dua anak, hari kedua dan ketiga juga untuk dua anak, sedangkan hari terkahir juga untuk satu anak,” ucap Sumarsana.

UN SMP susulan dijadwalkan selama empat hari mulai Senin (16/5/2016) besok. Sumarsana menambahkan, ujian sekolah jenjang SD/MI yang diikuti 5.794 siswa kelas VI seluruh Kulonprogo juga akan dimulai pada hari yang sama.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif