Soloraya
Senin, 16 Mei 2016 - 19:23 WIB

TIKET KERETA API : Asyik, PT KAI Beri Diskon 60% untuk Pemudik

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penjualan tiket KA. (JIBI/Bisnis Indonesia/Alby Albahi)

Tiket kereta api bagi para pemudik akan diberi diskon hingga 60 %.

Solopos.com, SOLO—PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan diskon kepada pemudik hingga 60% supaya semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan transportasi kereta api (KA) untuk mudik Lebaran.

Advertisement

Corporate Communication Manager PT KAI Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan promo tiket ini hanya berlaku untuk KA komersial, yakni eksekutif dan bisnis. Namun hanya untuk kursi tertentu saja yang diberi harga khusus. Dia mengungkapkan masing-masing kereta rata-rata hanya empat kursi yang dijual dengan harga diskon.

Namun secara nasional, ada sekitar 14.088 kursi yang ditawarkan untuk diskon Promo Mudik Lebaran 2016 ini. Promo ini bisa diperoleh untuk pembelian tiket pada 30 April-17 Juli dengan jadwal keberangkatan 26 Juni-17 Juli untuk 40 KA.

“Saat ini untuk KA mudik Lebaran hanya jadwal tertentu yang sudah ludes. Untuk arus mudik dengan keberangakatan dari Solo dan Jogja menuju Jakarta dan Bandung masih menyisakan banyak kursi jadi penjualan masih bisa dilayani. Kondisi ini umum terjadi karena Jakarta dan Bandung bukan merupakan kota tujuan mudik,” ungkap Eko saat dihubungi Solopos.com, Senin (16/5/2016).

Advertisement

Namun dia menyampaikan penjualan tiket KA arus balik untuk rute dari dan menuju Jakarta serta Bandung cenderung sama ramainya. Hal ini karena ada masyarakat yang tidak mendapat tiket saat arus mudik sehingga mudiknya ditunda saat sebagian besar orang melakukan balik menuju kota perantauan.

Lebih lanjut, dia mengatakan belum ada promo khusus, selain promo diskon 60% untuk penjualan KA tujuan Jakarta dan bandung saat arus mudik. “Tiket KA arus mudik menuju Jakarta dan Bandung, peminatnya memang tidak sebanyak tujuan Jogja dan Solo. Namun sampai saat ini belum ada promo khusus untuk mendongkrak penumpang rute tersebut,” ujarnya.

Dia menjelaskan ada 14 KA yang terdapat promo tiket 60% yang melintas di Daops VI. Dia mengatakan rata-rata harga tiket yang ditawarkan adalah Rp75.000-Rp150.000 untuk kelas bisnis dan Rp100.000-Rp200.000 untuk kelas eksekutif. KA tersebut diantaranya adalah Bima, Turangga, Gajayana, Bangunkarta, Taksaka, Lodaya, Senja Utama Solo, Senja Utama Jogja, Malioboro Ekspres, Sancaka, Malabar, Fajar Utama Jogja, Argo Dwipangga, dan Argo Lawu.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif