Lifestyle
Minggu, 15 Mei 2016 - 09:30 WIB

TIPS DIET SEHAT : 5 Makanan Ini Ternyata Kurang Oke Buat Diet

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi roti (Newbeauty.com)

Tips diet sehat menyajikan fakta tentang makanan sehat untuk mengurangi berat badan.

Solopos.com, SOLO — Mengonsumsi makanan yang diklaim publik sebagai makanan sehat memang baik. Tapi tahukah Anda? Ternyata ada lima makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi berlebihan karena justru bisa menimbulkan efek tidak baik untuk program diet Anda.

Advertisement

Dilansir New Beauty, Jumat (13/5/2016), Chef True Food Kitchen, Arik Markus, mengungkapkan rahasia di balik makanan sehat yang justru bisa mengagalkan diet Anda. Lima makanan yang biasa diklaim publik sebagai makanan sehat itu adalah smoothies, roti gandum, yogurt beku, kudapan keripik sayur, dan minuman bersuplemen.

1. Smoothies

Advertisement

1. Smoothies

Smoothies biasanya adalah minuman recommended untuk setiap program diet. Selain bahan-bahan campurannya berupa buah atau sayur yang sehat, biasanya smoothies dipilih banyak orang karena sisi kepraktisannya. Tapi ternyata, tekstur halus smoothie bisa memicu kenaikan gula dalam darah, yang artisnya bisa meningkatkan risiko diabetes. Hal ini bila smoothies diberi gula dalam campurannya.

“Smoothie biasanya terbuat dari buah yang diberi gula. Mencampurnya di blender bisa membuat tubuh mencerna lebih cepat dari biasanya, yang sekaligus bisa menyebabkan lonjakan gula dalam darah,” kata Markus.

Advertisement

2. Roti Gandum

Menurut Markus, akumulasi kandungan tepung dalam roti gandum bisa sewaktu-sewaktu diolah tubuh dan membuat gula terkonvensi menjadi lemak menjadi meningkat. Ia menyarankan agar Anda mengonsumsi roti dari biji-bijian, sehingga pencernaan akan melambat dan mengonversi kandungan makanan yang baik menjadi energi secara maksimal.

3. Yogurt Beku

Advertisement

Yoghurt  beku tampaknya menjadi alternatif yang sehat untuk es krim. Markus berpandangan hal itu tak sepenuhnya buruk. Tapi ia mengingatkan bahwa yoghurt beku memiliki kandungan gula lebih banyak ketimbang yoghurt cair.

4. Keripik Sayuran

Kebanyakan orang akan memilih makanan berbahan dasar sayur-sayuran ketika ingin melakukan program diet. Termasuk saat ingin ngemil, orang akan memilih keripik yang berbahan dasar sayuran, seperti kentang dengan taburan rumput laut atau seledri. Menurut Markus, hal ini tidaklah benar. Ia tetap merekomendasikan Anda untuk makan makanan fresh, tanpa melalui proses pengolahan di pabrik makanan ringan.

Advertisement

5. Minuman Bersuplemen

Alih-alih kandungan berenergi dalam minuman bersuplemen, ternyata minuman jenis ini tidak sehat untuk tubuh. Hal itu karena banyak kalori dalam minuman bersuplemen yang bisa meningkatkan berat badan Anda. Markus menyarankan kepada Anda untuk tetap memperbanyak air putih demi menjaga energi dalam tubuh dan tidak perlu minum minuman bersuplemen. Bila Anda benar-benar ingin membuat minuman yang sedikit berbeda, Anda bisa membuat minuman bersuplemen dengan bahan-bahan aman. Caranya, campurkan saja sebotol air dengan jus lemon segar dan garam secukupnya. Kocok dan minumlah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif