Soloraya
Minggu, 15 Mei 2016 - 16:00 WIB

KEBAKARAN KARANGANYAR : Asap Masih Mengepul di Pabrik Delta Dunia Textile, Penyebab Masih Misterius

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kebakaran pabrik Delta Dunia Textile di Tasikmadu Karanganyar, Jumat (13/5/2016). (Istimewa/Arsy A)

Kebakaran Karanganyar, tepatnya di pabrik Delta Dunia Textile, masih belum diketahui penyebabnya.

Solopos.com, KARANGANYAR — Lokasi kebakaran di pabrik pemintalan benang PT Delta Dunia Textile di Dusun Geneng, Desa Kaling, Tasikmadu, Karanganyar, ditetapkan polisi sebagai daerah berstatus quo. Tak semua orang bisa memasuki lokasi kebakaran.

Advertisement

“Kalau status quo, yang boleh masuk tim olah TKP,” ujar Kapolres Karanganyar, AKP Mahedi Surindra, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (15/5/2016).

Untuk mencegah adanya orang tak berkepentingan memasuki lokasi kebakaran, polisi memasang police line. Olah tempat kejadian perkara akan dilakukan Labfor Polda Jateng, Senin (16/5/2016) besok.

“Tim Laboratorium Forensik dari Polda Jateng akan olah TKP besok [Senin]. Saya sudah koordinasi dengan mereka. Pemeriksaan TKP bisa dilakukan kalau api sudah benar-benar padam,” kata dia.

Advertisement

Hingga Minggu siang, asap masih mengepul dari tumpukan barang yang terbakar. Petugas pemadan kebakaran terus berupaya mematikan bara api di bawah tumpukan barang-barang itu.

Kapolres tak berani berspekulasi ihwal penyebab kebakaran, sebelum adanya pemeriksaan forensik. “Penyebab kebakaran apa, menunggu pemeriksaan labfor, kita tunggu saja,” tutur dia.

Mahedi juga belum bisa memastikan berapa kerugian materiil dari musibah kebakaran tersebut. Tapi menurut dia kebakaran itu menghanguskan 90 persen barang-barang di lokasi pabrik.

Advertisement

“Semua masih dalam investigasi kami. Saat ini kita fokus padamkan api, dan persiapan olah TKP oleh Labfor. Kalau kita lihat lokasi, 90 persen bangunan rata dengan tanah,” sambung dia.

Kepala Disnsosnakertrans Karanganyar, Agus Heri Bindarto, saat dihubungi Solopos.com, Minggu, mengatakan akan mengirim untuk berkoordinasi dengan otoritas pabrik. Arahnya, untuk mengetahui nasib para karyawan dan pekerja di pabrik itu pascakebakaran.

“Pascakebakaran belum ada laporan masa depan pekerja, besok tim kami kirim,” kata dia. Agus berharap PT Delta Dunia Tex tetap bisa berproduksi pascamusibah kebakaran hebat Jumat malam. Sebab pabrik itu mempekerjakan cukup banyak pekerja atau karyawan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif