Jogja
Minggu, 15 Mei 2016 - 14:20 WIB

DANA DESA : Sudah Ada di Kas Daerah, Kapan Pencairan ke Desa

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Dana desa sudah dicairkan ke kas daerah

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL –  Dana Desa pertama 2016 bisa segera dicairkan ke masing-masing desa. Pasalnya saat ini, dana tersebut telah ditransfer ke kas daerah. Untuk pencairan tinggal menunggu permohonan dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Gunungkidul.

Advertisement

Kepala Bidang Perbendaharaan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Gunungkidul Sjaifudin Hadi Santoso mengatakan, proses transfer dana desa dari pusat dilakukan Kamis (12/5/2016). Adapun besarannya di termin pertama ini mencapai 60% dari total dana desa yang diberikan di tahun ini.

“Dana yang ditransfer ditahap pertama mencapai Rp62 miliar,” kata Sjaifudin kepada awak media, Jumat (13/5/2016).

Dia menjelaskan, dengan ditransfernya dana desa ke kas daerah maka proses selanjutnya akan disalurkan ke masing-masing desa. Hanya, untuk prosesnya sangat tergantung dengan permohonan dari BPMPKB selaku badan yang menangani pencairan.

Advertisement

“Intinya akan kami transfer apabila ada pengajuan. Kami juga sudah menginformasikan transfer dana ini ke BPMPKB hingga Sekretaris Daerah,” ungkapnya.

Hingga berita ini diturunkan, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat BPMPKB Gunungkidul Rakhmadian Wijayanto di beberapa kesempatan menegaskan akan melakukan transfer ke desa secepatnya.

Guna mempercepat proses itu, BPMPKB juga telah melakukan sosialisasi dengan memaparkan aturan tentang penggunaan dana itu hingga persyaraatan dalam pencairan.

Advertisement

“Untuk pencairan, tiap desa harus mengajukan permohonan dengan dilengkapi dengan dokumen Anggaran Pendapatan Belanja Desa 2016 dan Laporan Penggunaan Anggaran 2015,” kata Rakhmadian.

Terpisah, Pejabat Sekda Gunungkidul Supartono berharap proses transfer dana desa ke masing-masing desa bisa segera disalurkan. Dia pun berharap proses tersebut tidak dipersulit sehingga tidak mengganggu dalam proses pembangunan yang dimiliki.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif