Soloraya
Sabtu, 14 Mei 2016 - 22:00 WIB

UJIAN SEKOLAH : Naskah Soal US/M di Solo Sudah Siap di UPTD Kecamatan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/dok)

Ujian Sekolah, naskah soal sudah berada di masing-masing UPTD kecamatan.

Solopos.com, SOLO–Panitia Ujian Nasional (UN) 2016 Kota Solo memastikan naskah Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) siswa sekolah dasar/madrasah ibtidaiah (SD/MI) sudah terdistribusikan ke UPTD Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) di masing-masing kecamatan di Solo, sejak Jumat (13/5/2016). Pengambilan naskah soal oleh setiap sekolah dilakukan di UPTD setiap harinya, mulai Senin (16/5/2016), sesuai mata pelajaran (mapel) yang diujikan.

Advertisement

Kepala Bidang SD dan Anak Usia Dini (AUD) Disdikpora Solo, Wahyono, ketika dimintai konfirmasi, Sabtu (14/5/2016), naskah soal US/M tiba di Kota Solo di Kantor Disdikpora setempat, Jumat dini hari. Selepas pengecekan oleh panitia, Jumat pagi langsung didistribusikan ke masing-masing UPTD. “Jadi untuk pengambilan naskah soal nanti mulai Senin hingga selesai dilakukan di UPTD masing-masing kecamatan,” ujar Wahyono melalui sambungan telepon, Sabtu.

Wahyono memastikan ada naskah soal US/M dengan huruf Braille untuk peserta tuna netra, terutama di sekolah luar biasa (SLB). Namun jika peserta US/M di sekolah-sekolah inklusi yang menginginkan adanya pendampingan saat mengikuti ujian, diperbolehkan.

“Khusus siswa tuna netra boleh didampingi guru pendamping untuk membantu membacakan naskah soal dan mengisikan jawaban yang telah dipilih siswa dalam lembar jawab komputer (LJK), namun jika meminta soal dengan huruf Braille ya disiapkan. Hal itu berkoordinasi dengan koordinator US/M di SLB,” ungkapnya.

Advertisement

Sementara peserta di beberapa sekolah inklusi, Wahyono mengakui ada sejumlah peserta yang akan didampingi guru pendamping. Peserta berkebutuhan khusus, bisa mengikuti ujian satu ruang dengan peserta lain, tapi bisa pula di ruang terpisah.

“Ya tergantung kebutuhannya. Bisa satu ruang, tapi ada pula yang di ruang terpisah. Namun untuk pengawasan, tetap ada,’ terangnya.

Jumlah naskah soal, lanjut Wahyono, dipersiapkan sesuai kebutuhan peserta di masing-masing sekolah. Meskipun tidak merinci jumlah boks yang diterima panitia lokal, dia memastikan naskah soal cadangan sudah tersedia bersamaan dengan naskah soal utama.

Advertisement

“Sebab boks-boks yang kami terima, terdiri atas boks yang berisi 21 lembar, 15 lembar, 10 lembar, dan 5 lembar. Kalau masing-masing ruang ada 20 peserta, setidaknya tersedia 1 naskah soal cadangan,” jelasnya.

Tercatat jumlah peserta US/M 2016 di Solo ada 10.891 siswa dari 258 SD dan MI. Sesuai Prosedur Operasional Standar (POS) US/M 2016, mata pelajaran (mapel) yang diujikan mulai Senin hingga Rabu, masing-masing Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Ketua Panitia UN 2016 Kota Solo, Aryo Widyandoko, menambahkan pendistribusian dan pengambilan naskah soal US/M menggunakan sistem pengamanan tertutup.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif