Otomotif
Sabtu, 14 Mei 2016 - 16:45 WIB

KOMPARASI MOBIL: Rp260 Jutan, Pilih Sienta Baru Atau Nav1 Bekas?

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Toyota Sienta. (Paultan.org)

Komparasi mobil kali ini membenturkan dua MPV Toyota.

Solopos.com, SOLO – Jika sedang mencari mobil MPV dengan dana Rp260 juta, ada dua mobil Toyota yang bisa Anda komparasikan sebagai bahan pertimbangan. Dua mobil itu adalah Sienta baru dan Nav1 bekas.

Advertisement

Berdasarkan pantauan Solopos.com di sejumlah laman jual beli mobil bekas online, Jumat (13/5/2016), berbekal dana Rp260 juta Anda bisa mendapatkan MPV bongsor Toyota Nav1 tipe V transmisi otomatis lansiran 2013 dengan jarak tempuh 35.000 km.

Sementara jika mengambil Toyota Sienta, dengan dana tersebut unit yang didapatkan adalah tipe G transmisi otomatis dengan catatan, harga itu berstatus on the road Jakarta.

Advertisement

Sementara jika mengambil Toyota Sienta, dengan dana tersebut unit yang didapatkan adalah tipe G transmisi otomatis dengan catatan, harga itu berstatus on the road Jakarta.

Eksterior
Berbicara eksterior, dua mobil tersebut sama-sama menawarkan pintu geser (sliding door). Tetapi Sienta memiliki nilai lebih pada desainnya yang sporty dan modern. Itu tampak pada hadirnya lekukan dinamis mulai dari sektor wajah, pintu, hingga buritan.

Sedangkan Nav1 desainnya cenderung kaku dan mengotak (boxy). Tetapi itulah nilai jual utamanya sebagai MPV mewah yang identik dengan keluarga mapan. Kesan elegan juga terpancar dari grille yang dipenuhi chrome serta lampu utama berukuran besar.

Advertisement

Interior
Bergeser ke interior, karena Nav1 merupakan mobil bongsor dengan panjang 4.600 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.850 mm, jangan heran jika kabinnya sangat lega. Sepasang kursi baris kedua menerapkan captain seat yang dapat diputar menghadap belakang.

Pada baris ketiga, terdapat kursi 50:50 yang dapat diduduki oleh tiga orang tanpa harus berdesak-desakan. Sementara di baris depan, sopir akan dimanjakan dengan pemandangan mewah dan sederet fitur canggih pada dashboard dan roda kemudi.

Sedangkan Sienta meski sama-sama dapat memuat enam orang, dimensinya yang hanya 4.235 mm panjang, 1.695 mm lebar, dan 1.675 mm tinggi membuat penumpang harus sedikit berdesak-desakan. Ruang kepala dan kaki pun terbatas, terutama di kursi ketiga.

Advertisement

Beruntung Sienta memiliki kepraktisan yang baik, seperti banyaknya ruang penyimpanan dan cara pelipatan kursi belakang model dive in yang inovatif. Untuk urusan kemewahan, perlu diingat tipe G hanya satu tingkat di atas tipe E yang merupakan varian termurah.

Mesin
Sienta menggendong mesin generasi terbaru 2NR-FE 1.500 cc Dual VVT-I yang menjanjikan tenaga 109 hp dengan torsi 143 Nm. Sedangkan Nav1, mesinnya adalah 3ZR-FAE 2.000 cc bertenaga 155 hp serta torsi 196 Nm.

Meski di atas kertas Nav1 lebih bertenaga, perlu diperhatikan mesin tersebut sudah berjalan lebih dari dua tahun. Beruntung jika bisa mendapat unit yang masih bergaransi, tetapi jika tidak, sebaiknya siapkan dana untuk penggantian onderdil.

Advertisement

Kesimpulan
Jika Anda mencari MPV yang ringkas dan praktis, memiliki desain modern, serta mesin sehat bergaransi, mobil Toyota Sienta G bisa menjadi pilihan tepat untuk dana Rp260 juta anda. Tetapi ingat, untuk menebus Sienta perlu inden terlebih dahulu.

Sedangkan jika lebih mengejar kesan mewah, kabin yang lapang, dan unit bekas dengan segala risiko serta kekurangannya bukanlah masalah bagi Anda, Toyota Nav1 patut untuk dipertimbangkan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif