Jogja
Sabtu, 14 Mei 2016 - 01:20 WIB

Geronimo, Radio Anak Muda yang Pertahankan Warisan Budaya

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (FOTO/all-free-download.com)

Geronimo berkomitmen menjaga kebudayaan.

Harianjogja.com, JOGJA-Radio Geronimo akan memasuki usia 45 tahun pada 31 Mei mendatang. Meski dikenal dengan radio para kawula muda tetapi radio yang sudah lama mengudara ini masih konsisten menjaga warisan budaya.

Advertisement

“Kita bagaimana menyampaikan pengetahuan ilmu musik tanpa menghilangkan budaya Jogja. Setiap Rabu minggu terakhir, kita masih ada program wayang dari jam 10 malam sampai jam lima pagi,” kata Public Relation and Promotion Geronimo FM, Sudiro Wulansari pada Harianjogja.com, Kamis (12/5/2016) malam.

Cara ini dilakukan untuk mengakomodir masyarakat Jogja yang masih menyukai hiburan wayang. Tidak dipungkirinya bahwa masih banyak warga Jogja yang masih setia mengikuti hiburan budaya seperti wayang kulit semalam suntuk dan juga ketoprak.

Konsentrasi terhadap musik masih terus dijaga. Namun, tidak semua musik layak diputar di radio berfrekuensi 106.1 FM ini.

Advertisement

“Lagu komersil pasti. Tapi, tidak semua lagu kita putar. Seperti lagu band Ungu, tidak semua lagu bisa [diputar]. ST12 juga tidak,” ujar Wulan.

Segmentasi Pendengar

Menurut dia, kehidupan bisnis antar radio bukan untuk bersaing karena masing-masing radio memiliki segmentasi pendengar yang berbeda. Seperti Geronimo yang hadir dengan segmentasi A, B dan C plus serta usia 15-25 tahun.

Advertisement

“Radio lain bukan kompetitor tapi pemicu semangat. Yang pasti secara internal kita tingkatkan program dan sistem,” kata Wulan.

Untuk memberikan apresiasi kepada mitra Geronimo, media, serta komunitas menonton di Jogja, Kamis (12/5/2016) malam Geronimo menggelar Nonton Bareng Captain Amerika: Civil War di CGV Blitc The J-Walk Mall. Acara ini merupakan rangkaian dari HUT Geronimo ke-45.

Advertisement
Kata Kunci : Geronimo Radio Jogja
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif