Teknologi
Sabtu, 14 Mei 2016 - 00:30 WIB

APLIKASI OPERA : Opera Hadirkan Fitur Hemat Daya Baterai Laptop

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Aplikasi Opera meluncurkan fitur hemat daya untuk perangkat laptop.

Solopos.com, JAKARTA — Aplikasi Opera merilis sebuah fitur anyar untuk browsernya, yaitu mode penghemat baterai. Fitur itu diklaim bisa menghemat penggunaan baterai laptop sebanyak 50%.

Advertisement

Penghematan baterai bisa terjadi karena Opera melakukan sejumlah modifikasi pada browser-nya. Termasuk seperti mengurangi aktivitas dari tab latar belakang, menyesuaikan page-redrawing frequency dan pengaturan parameter video playback.

“Mode hemat daya baru kami akan memberitahu Anda ketika laptop mulai mengkonsumsi baterai dan ketika mode ini diaktifkan, Anda dapat meningkatkan usia pemakaian baterai Anda sebanyak 50%, “kata SVP of Engineering untuk Opera, Krystian Kolondra, seperti dilansir Detik, Jumat (13/5/2016).

Fitur penghemar baterai Opera baru bisa diaktifkan saat pengguna mencabut charger laptopnya, ditandai dengan munculnya ikon kecil pada bagian kanan atas browser, yang harus diklik untuk mengaktifkannya. Perlu diingat, sementara fitur ini baru tersedia di browser Opera versi developer.

Advertisement

Klaim hemat daya sebanyak 50% ini didapat dari pengujian yang dilakukan secara internal oleh aplikasi Opera. Metodenya adalah dengan membuka 11 situs populer, termasuk Youtube, men-scroll tiap situs itu sebanyak lima kali, meninggalkannya selama semenit, kemudian menutup tab. Langkah-langkah ini diulang sampai laptop kehabisan baterai.

Seperti dikutip dari Okezone, Jumat, mengenai  browser aplikasi Opera juga akan mendeteksi ketika baterai laptop sudah menipis dan akan menyarankan untuk mengaktifkan mode hemat daya.

Peningkatan kinerja pada versi pengembang dari aplikasi Opera 39 ini membawa perbaikan kinerja lebih banyak lagi yang akan memperpanjang usia baterai laptop pengguna. “Dalam hasil pengujian yang kami lakukan dan dirancang untuk mencerminkan cara orang menggunakan browser di kehidupan nyata. Versi pengembang Opera terbaru mampu berjalan 3 jam lebih lama dari browser seperti Google Chrome di laptop yang menjalankan Windows 10, 64-bit,” tandas Krystian.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif