Jogja
Jumat, 13 Mei 2016 - 00:40 WIB

OBJEK WISATA DIY : Bantul Masih Menjadi Primadona

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pantai Parangtritis.dok

 

Selama libur panjang akhir pekan lalu, Bantul dikunjungi oleh 83.095 wisatawan.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Banyaknya tempat wisata yang muncul di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta tak membuat sejumlah lokasi wisata di Bantul sepi pengunjung. Menurut data dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, selama libur panjang akhir pekan lalu, Bantul dikunjungi oleh 83.095 wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul (Disbudpar) Bambang Legowo mengatakan, dari data tersebut hanya dihitung dari tepat destinasi yang ada retribusinya saja, belum termasuk kunjungan wisatawan ke desa wisata, sentra kerajinan, dan beberapa destinasi non retribusi.

“Pantai Parangtritis masih menjadi primadona kunjungan wisatawan, tercatat ada 65.400 wisatawan mengunjungai destinasi ini. Kemudian selain Parangtritis, ada beberapa lokasi wisata lain yang banyak dikunjungi oleh wisatawan seperti Pantai Samas, Pantai Kuwaru, Goa Selarong, dan Goa Cerme,”katanya, Kamis (12/5).

Advertisement

Dari beberapa lokasi wisata lain menurut data disbudpar, wisatawan yang mengunjungi Pantai Samas sebanyak 7.900 wisatawan, Pantai Kuwaru sebanyak 1.700 orang, Goa Selarong 1.025 wisatawan dan Goa Cerme yang dikunjungi sekitar 400 wisatawan.

Menanggapi hal tersebut Wakil Ketua DPRD Komisi B, Setiya mengatakan dalam industri pariwisata, indikator utama keberhasilan adalah jumlah kunjungan wisata, lama tinggal wisatawan dan kontribusi ekonominya.

“Jumlah kunjungan sendiri tentunya dapat ditingkatkan dengan promosi yang kuat. Sedangkan kegiatan promosi bisa dilakukan melalui banyak cara dan saluran [channel] yang tentu saluran tersebut mampu menjangkau calon wisatawan secara luas dan efektif,” ujar Setiya.

Advertisement

Dengan melihat angka jumah wisatawan tersebut, menurut Setiya, lokasi wisata di Bantul saat ini masih memiliki daya saing jika dibandingkan dengan beberapa lokasi wisata baru di DIY. Adanya beberapa lokasi wisata yang menjadi setting lokasi dalam sebuah film yang sedang booming pekan ini juga menjadi sebuah promosi dan daya tarik tersendiri untuk lokasi wisata di Bantul.

“Selebihnya jika jumlah wisatawan semakin lama semakin banyak serta dengan waktu mereka singgah di Bantul yang juga panjang, hampir dipastikan kontribusi terhadap perekonomian Bantul akan terasa meningkat. Harapannya dengan meningakatnya jumlah wisatawan tersebut banyak pihak dari masyarakat juga memperoleh keuntungan,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif