Sport
Jumat, 13 Mei 2016 - 02:45 WIB

ASIAN GAMES 2018 : Venue Balap Sepeda BMX Belum Jelas

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pembalap BMX sedang bertarung dalam Kejuaraan BMX Antar Pelajar DIY-Jateng, di BMX Track Youth Center Sleman, Sabtu-Minggu (15-16/6/2013). Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja

Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang. Meski demikian, sampai saat ini venue untuk balap sepeda BMX di gelaran tersebut belum jelas.

 

Advertisement

 

Harianjogja.com, BADUNG — Venue atau arena pertandingan cabang balap sepeda nomor BMX Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang hingga kini masih “gentayangan” meski pada rapat Komite Koordinasi (Corcom) di Bali, Rabu (11/5/2016) telah ditetapkan bahwa lokasinya di Jakarta.

“Memang benar, venue BMX masih ‘gentayangan’. Rencana awal di Ancol, tapi sirkuit di sana tidak bisa dibuat permanen karena pihak Ancol akan membangun kawasan apartment. Makanya kita terus berusaha mencari lokasi baru,” kata Komite Sport Development KOI Harry Warganegara di Badung, Bali, Kamis (12/5/2016).

Advertisement

Menurut dia, pembangunan sirkuit tidak hanya digunakan sesaat atau hanya pada Asian Games 2018 saja, namun setelah itu diharapkan bisa digunakan untuk melakukan pembinaan atlet Indonesia maupun untuk menggelar kejuaraan internasional.

Jika dibangun di Ancol, kata dia, dipastikan keberadaannya tidak berlangsung lama. Untuk itu, pihaknya bersama dengan pemangku kepentingan yang lain akan berusaha mencari lokasi yang tepat sehingga keberadaan sirkuit bisa digunakan secara berkesinambungan.

“Membuat sirkut itu biayanya mahal. Masak setelah selesai digunakan Asian Games langsung dibongkar? Makanya kita harus secepatnya mencari solusi,” katanya menambahkan.

Advertisement

Harry menjelaskan, saat ini memang ada beberapa alternatif lokasi yang akan digunakan untuk pembangunan sirkuit BMX yang salah satunya di wilayah Ceger, Jakarta Timur. Hanya saja, hingga saat ini belum ada perkembangan terkait kepastiannya.

Belum ditetapkannya lokasi BMX juga diakui oleh Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) Rajasapta Oktohari. Menurut dia, meski lokasi tepatnya belum didapat, pihaknya tetap menginginkan lokasi sirkuit BMX berada di wilayah Jakarta.

“Di Ancol gak bakal bisa permanen. Untuk di Ceger hingga saat ini belum ada kepastian. Kita akan terus mengupayakan lokasi BMX tetap di Jakarta,” katanya saat di konfirmasi.

Pembangunan sirkuit BMX memang cukup mendesak karena cabang olahraga ini menjadi salah satu cabang yang akan dipertandingan pada test event Asian Games 2018 atau lebih dikenal dengan Asian Youth Games (AYG) 2017. Sesuai dengan rencana, AYG akan dilaksanakan 12-20 November 2017.

Advertisement
Kata Kunci : ASIAN GAMES 2018 BMX
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif