Soloraya
Kamis, 12 Mei 2016 - 07:30 WIB

PKL KARANGANYAR : Pemkab Karanganyar Ubah Eks Mes Pabrik Gula Colomadu Jadi Pusat Kuliner

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pabrik Gula Colomadu (JIBI/Solopos/Dok)

PKL Karanganyar, eks mes Pabrik Gula Colomadu jadi kawasan kuliner Colomadu.

Solopos.com, KARANGANYAR–Camat Colomau, Yophy Eko Jatiwibowo, mengatakan pihaknya akan menjadikan kawasan eks mes karyawan Pabrik Gula Colomadu menjadi pusat kuliner. Karena itu pekan depan pihaknya akan membahas dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Malangjiwan.

Advertisement

“Nanti menjelang Ramadan kawasan di Jl. Sumur Bor itu akan kami buka bazar kuliner. Nanti teman-teman pedagang kaki lima [PKL] bisa berpartisipasi di situ,” ujar dia ketika ditemui Solopos.com di Colomadu, Rabu (11/5/2016).

Menurut dia, guna merealisasi gagasan tersebut pihaknya akan menggandeng Pemdes Malangjiwan, karena lokasi tersebut berada di Malangjiwan. Nanti mereka akan menggunakan gerobak yang seragam sehingga enak dipandang.

Namun dia mengakui tidak semua PKL yang ada di Colomadu bisa tertampung di ajang tersebut. Sebab jumlah gerobak yang telah dibagikan ke PKL baru berjumlah puluhan, sedangkan jumlah PKL di Colomadu berjumlah ratusan.

Advertisement

Agar seluruh PKL bisa terakomodasi, ujar Yophy, pihaknya mengaku harus menunggu APBD Perubahan dan dropping tenda serta gerobak dari Disperindagkop Karanganyar.

Sementara itu salah seorang warga Malangjiwan, Colomadu, Puryono, 45, mengatakan pihaknya menyambut baik rencana pemanfaatan Jl. Sumur Bor untuk bazar kuliner. Dengan demikian areal bekas perumahan karyawan Pabrik Gula Colomadu yang selama ini kosong dan terkesan singup akan ramai.

Dia menilai selama ini sejumlah bangunan di kawasan itu terlihat menyeramkan. Sebab sudah beberapa tahun tak dihuni karyawan Pabrik Gula Colomadu yang sudah tidak beroperasi.

Advertisement

“Kalau dipakai untuk kuliner selain kawasan itu menjadi ramai, kesan menyeramkan beberapa rumah itu akan hilang. Selain itu mungkin warga sekitar juga bisa mengais rezeki dengan ikut meramaikan kawasan kuliner tersebut,” kata Puryono.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif