Teknologi
Kamis, 12 Mei 2016 - 06:00 WIB

LAPTOP TERBARU : Notebook MSI Siap Kolaborasi Bersama HTC Vive

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Notebook MSI (Digitaltrends)

Laptop terbaru MSI dibikin untuk mengakomodasi HTC Vive.

Solopos.com, SOLO — Perusahaan teknologi Micro-Star International (MSI), meluncurkan laptop terbaru yang bisa berkolaborasi dengan headset virtual reality (VR) HTC Vive.

Advertisement

Sebagaimana dilaporkan Digitaltrends, Rabu (11/5/2016), MSI mengklaim menjadi perusahaan teknologi PC pertama yang bisa bekerja sama dengan HTC Vive. Jadi tak perlu memperbarui laptop lama, penguna cukup membeli perangkat dari MSI untuk menggunakan HTC Vive.

Menurut MSI, headset VR HTC Vive merupakan perangkat berbasis virtual reality yang paling diminati. Agar bisa terhubung dengan HTC Vive, diperlukan laptop terbaru yang dibekali spesifikasi mumpuni.

Selain HTC Vive, laptop terbaru MSI diyakini bisa juga terhubung dengan perangkat VR milik Facebook, Oculus Rift. Meski begitu tak ada kabar tentang jadwal peluncuran dan harga jual perangkat canggih MSI itu.

Advertisement

Harga jual teknologi terbaru HTC Vive itu cukup tinggi yakni US$800 atau sekitar Rp10,6 juta. Tentu saja itu pencapaian bagus dalam segi penjualan via preorder. Selain HTC Vive, vendor Korsel, Samsung, juga menghadirkan perangkat virtual reality Gear VR dan LG 360 VR. Tapi HTC Vive tak disambungkan dengan smartphone.

Untuk menggunakan HTC Vive yang dibikin bersama Valve, pengguna harus menggunakan personal computer (PC) sama headset Oculus Rift. Komputer yang harus digunakan harus diperkuat prosesor Nvidia GeForce GTX 970 atau AMD Radeon R9 290.

Teknologi terbaru headset VR HTC bernama Vive itu sebenarnya akan diluncurkan akhir tahun ini. Tapi HTC lalu meralatnya dan akan merilisnya bulan April 2016. Bulan itu dianggap pas untuk menghadirkan headset VR yang bisa menghadirkan suasana lebih nyata saat menonton video.

Advertisement

HTC awalnya hanya ingin merilis sebanyak 7.000 unit teknologi terbaru headset VR Vive yang ditujukan kepada pengguna.Tapi melihat penjualan secara preorder cukup pesat, maka vendor Taiwan itu ingin memproduksi Vive sebanyak-banyaknya.

Perilisan resmi teknologi terbaru HTC Vive pada bulan April 2016 menjadi sejarah baru bagi HTC dalam terjun ke dunia virtual reality. Dalam penjualan HTC Vive akan dipadukan dengan Head Mounted Display (HMD) dan berbagai teknologi mumpuni dan alat kontrol yang mempermudah pengguna saat mengoperasikan headset tersebut.

HTC Vive memang dijual cukup mahal. Anda harus merogoh kocek sebesar US$800 atau sekitar Rp10,6 juta. Harga HTC Vive lebih mahal US$200 atau Rp2,6 juta ketimbang Oculus Rift yang dijual Rp8,1 juta. HTC menjual perangkat VR anyarnya itu secara preorder di 24 negara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif