Soloraya
Rabu, 11 Mei 2016 - 12:40 WIB

PERUSAHAAN DAERAH KARANGANYAR : Syarat Tak Lengkap, 2 Pelamar Dirut PDAM Dicoret

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi air PDAM (JIBI/Solopos.com/Dok.)

Perusahaan daerah Karanganyar PDAM saat sedang mencari dirut baru.

Solopos.com, KARANGANYAR – Sebanyak dua pelamar jabatan direktur utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Karanganyar dicoret lantaran tidak memenuhi persyaratan pendaftaran.

Advertisement

Penjelasan itu disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setda Karanganyar, Timotius Suryadi, saat ditemui wartawan di sela kegiatannya di Edu Park Dirgantara, Selasa (10/4/2016).

“Pendaftarnya ada delapan orang, tapi sekarang sudah tersaring menjadi enam orang. Yang dua orang tidak lolos seleksi administrasi, ada persyaratan yang tidak dipenuhi,” tutur dia.

Advertisement

“Pendaftarnya ada delapan orang, tapi sekarang sudah tersaring menjadi enam orang. Yang dua orang tidak lolos seleksi administrasi, ada persyaratan yang tidak dipenuhi,” tutur dia.

Tapi Timo tidak mau menyebutkan siapa saja pendaftar yang gugur tersebut. Di sisi lain dia mengatakan seleksi direktur utama PDAM sudah sampai tahap psikotes di Kampus UMS Solo.

Pemkab menggandeng UMS lantaran mempunyai Fakultas Psikologi yang bisa melakukan psikotes. “Sudah tahap psikotes. Setelah ini paparan misi, visi, dan program kerja,” kata dia. Tahapan seleksi direkur utama PDAM ditargetkan tuntas saat bulan Ramadan 2016.

Advertisement

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Karanganyar, Adhe Eliana, meminta proses seleksi direktur utama PDAM dilakukan secara transparan, dan profesional. Jangan ada orang-orang titipan pejabat tertentu. Sebab belum tentu orang-orang titipan tersebut mempunyai kompetensi yang bisa diandalkan.

“Jangan karena like and dislikes. Harus ada pertimbangan profesional terhadap calon,” kata dia.

Politikus Partai Gerindra itu berharap direktur terpilih PDAM bisa menjalankan fungsi profit oriented, dan pelayanan, secara seimbang. Pendapatan tahunan harus bisa terus didongkrak.

Advertisement

Tapi aspek pelayanan kepada pengguna juga tak bisa dikesampingkan. “Secara umum sebenarnya pelayanan sudah baik. Tapi pasti ada catatan-catatan yang perlu ditindaklanjuti,” ujar dia.

Adhe juga meminta jajaran direksi PDAM terus menekan angka kebocoran air. Jangan sampai potensi iar yang melimpah justru terbuang sia-sia lantaran jaringan pipa yang bocor.

Eksplorasi potensi sumber-sumber baru air juga perlu dilakukan untuk menambah cakupan pelayanan. Sebab sampai saat ini jaringan pipa air PDAM belum menjangkau semua daerah.

Advertisement

“Pengecekan berkala kondisi jaringan harus dioptimalkan demi optimalisasi pelayanan. Jajaran direksi jangan hanya berorientasi pendapatan, tapi juga pelayanan,” minta dia.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif