News
Rabu, 11 Mei 2016 - 21:20 WIB

PENJUALAN MOBIL : Grand Livina Sumbang Penjualan 40%

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mobil Nissan Grand Livina 2016 dipamerkan dalam acara LivinALife di Komplek Candi Prambanan, Sabtu (7/5/2016). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Penjualan mobil dari Nissan Motor Indonesia.

Harianjogja.com, SLEMAN-Penjualan mobil PT Nissan Motor Indonesia (NMI) banyak disokong Grand Livina. Penjualan Nissan Grand Livina tercatat mendominasi sebanyak 40% dibandingkan produk lainnya.

Advertisement

General Manajer Marketing Strategi PT NMI Budi Nur Mukmin mengatakan, Grand Livina berkontribusi 40%, diikuti kontribusi terbesar kedua yaitu X-Trail sebesar 30% dan sisanya penjualan semua jenis model mobil Nissan.

“Tahun 2015 penjualan Livina sampai 9.000. Target tahun ini kita samakan saja [9.000 unit]. Kalau penjualan all sekitar 20.000-an,” kata Budi ditemui di sela-sela acara LivinALife 2006 di Komplek Candi Prambanan, Sabtu (7/5/2016).

Penurunan permintaan pasar sebagai dampak pelemahan ekonomi 2015 lalu sudah ia prediksi sebelumnya. Hal ini membuat PT NMI menargetkan jumlah penjualan sama dengan tahun 2015.

Advertisement

Budi mengatakan, penurunan penjualan sudah dapat diprediksi karena pasar otomotif sensitif dengan kondisi ekonomi dunia. Masyarakat beranggapan, membeli mobil seperti halnya berinvestasi karena lekat dengan tingkat suku bunga dan kurs rupiah. “Kalau ekonomi turun, otomotif juga turun. Kalau kurs naik, penjualan turun. Mirip properti,” tuturnya.

Ia berharap penjualan Nissan tahun ini bisa bergerak 5% ke atas. Strategi yang dilakukan untuk mendongkrak penjualan, pertama dengan meningkatkan jaringan penjualan. Pada tahun 2015, PT NMI memiliki 120 dealer dan harapannya tahun 2016 ini bisa naik menjadi 135 dealer.

Strategi kedua, meningkatkan penjualan dari sisi image after sale. Selama ini, kata Budi, konsumen belum mengetahui program after sale dari Nissan. “Kami ingin kenalkan program seperti ketersediaan sparepart 1 x 24 jam dan mobile service. Program ini membuat pengguna Nissan percaya diri. Ini strategi besar kita,” tegasnya.

Advertisement

Beberapa promo seperti DP murah, bebas cicilan empat kali, bunga murah, dua tahun free services biaya maintenance dan dua tahun guarantee, diyakini berpotensi membantu peningkatan penjualan Nissan tahun ini.

Terkait acara LivinALife, Presiden Direktur PT NMI Antonio Toti Zara menjelaskan bahwa LivinALife merupakan bentuk apresiasi Nissan kepada pemilik Grand Livina serta keluarganya. Dalam acara ini, PT NMI juga memamerkan NIssan Grand Livina 2016 yang akan dikenalkan Juni 2016 nanti. Pengunjung berkesempatan melakukan pre-booking khusus selama acara. “Kami beri prioritas bagi konsumen setia untuk melihat langsung dan memesan Grand Livina Model Year 2016,” kata Toti.

Saat ini, jumlah populasi Nissan Grand Livina di Indonesia mencapai lebih dari 200.000 unit dari berbagai varian.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif