Soloraya
Rabu, 11 Mei 2016 - 15:25 WIB

KISAH TRAGIS : Diduga Takut Flash Kamera, Ini Kronologi Gajah WGM Wonogiri Ngamuk

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Unggahan terakhir Esthi Octovia Hapsari sebelum tewas diinjak gajah Waduk Gajah Mungkur (WGM), Rabu (11/5/2016), pagi. (Facebook.com)

Kisah tragis dialami dokter hewan cantik meninggal dunia setelah diserang gajah di kawasan wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Solopos.com, WONOGIRI – Dokter hewan cantik, Esthi Octovia Hapsari, 25, meninggal dunia setelah diserang seekor gajah di kawasan wisata Waduk Gajah Mungkur, Rabu (11/5/2016) pagi.

Advertisement

Menurut salah satu saksi mata, Rukmana Aji, seorang penjual kelapa muda yang ditemui solopos.com, di lokasi kejadian, sebelum peristiwa mengenaskan terjadi sekitar pukul 07.30 WIB dua ekor gajah WGM diajak jalan-jalan oleh tiga pawang. Sementara Esthi membawa ponsel berkamera untuk mengambil foto gajah-gajah tersebut.

Gajah jantan bernama Panamtu berusia 30 tahun tersebut juga ditunggangi oleh seorang pawang. Saat itulah Esthi membidikkan kamera dengan menggunakan lampu flash ke arah Panamtu yang serta merta membuat hewan itu kaget dan ngamuk. Pawang yang duduk di punggungnya pun jatuh terpental.

Gajah itu kemudian berlari ke arah Esthi dan mengibaskan belalainya hingga dokter muda itu terjatuh. Tak cukup sampai di situ, gajah tersebut sempat menginjak tubuh Esthi 4-5 kali.

Advertisement

Gajah itu kemudian berhasil dialihkan perhatiannya dengan buah kelapa. Gajah tersebut sempat berbalik arah membelakangi Esthi.

Saat itulah pawang dan beberapa orang termasuk Rukmana Aji mencoba menolong Esthi. Saat itu kondisi Esthi sudah terluka dengan jilbab dan sandalnya terlepas.

Tak dinyana, sang gajah kembali mendekati Esthi. Orang-orang yang akan mengevakusi Esthi berlarian namun Esthi sudah tidak bisa berlari hingga dia menjadi bulan-bulanan si gajah. Tubuh Esthi sempat diombang-ambingkan oleh gajah dengan belalainya sebelum diinjak-injak selama beberapa saat.

Advertisement

Usaha pawang untuk menenangkan dan mengalihkan perhatian Panamtu juga sia-sia, hingga akhirnya gajah itu berhenti menyerang Esthi dan berlari masuk ke kandangnya.

Sementara salah seorang pawang gajah yang juga berada di lokasi kejadian, Hasan Umar, membenarkan kemungkinan gajah tersebut mengamuk karena takut melihat lampu flash kamera.

Hasan juga mengatakan sebelum di WGM, Panamtu juga pernah mengamuk saat berada di penangkaran Guci di Tegal. Namun penyebabnya saat itu karena gajah tersebut sedang birahi dan mengamuk karena air maninya diambil yang kemungkinan untuk penelitian.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif