Teknologi
Rabu, 11 Mei 2016 - 19:00 WIB

APLIKASI SMARTPHONE : Whatsapp Resmi Hadir di Windows dan Mac

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Whatsapp (Ubergizmo)

Aplikasi smartphone Whatsapp telah dirilis di platform Windows dan Mac.

Solopos.com, SOLO — Aplikasi smartphone Whatsapp resmi diluncurkan di platform Windows dan Mac. Sebelumnya Whatsapp hadir di Windows dalam bentuk web.

Advertisement

Seperti dilansir Techcrunch, Rabu (11/5/2016), aplikasi smartphone Whatsapp sudah bisa diakses di komputer atau laptop Windows 8 ke atas dan Mac OS X 10.9 ke atas. Whatsapp di komputer punya fungsi yang sama seperti di smartphone.

Cara kerja Whatsapp di Windows dan Mac sama seperti Whatsapp Web. Aplikasi smartphone Whatsapp harus aktif. Smartphone juga harus terhubung komputer desktop. Untuk masuk ke Whatsapp versi Windows, pengguna harus scan QR Code di smartphone.

Tak diketahui alasan pengembangan aplikasi smartphone Whatsaap untuk Windows dan Mac. Padahal aplikasi milik Facebook itu telah hadir lebih dulu di web. Whatsapp versi web bisa diperbarui secara otomatis dan tanpa harus mengunduhnya.

Advertisement

Bisa jadi alasan aplikasi smartphone Whatsapp hadir di sistem operasi Windows dan Mac agar bisa mendukung fitur panggilan audio yang tak bisa dilakukan saat diakses melalui web karena hanya bisa dilakukan melalui aplikasi di ponsel.

Sebelumnya, aplikasi smartphone Whatsapp juga telah melakukan pembaruan untuk pengguna platform Android. Lewat pembaruan tersebut, Whatsapp menghadirkan lebih banyak emoji termasuk kategori baru yang sebelumnya tidak ada.

Penambahan fitur ini secara tak langsung menegaskan posisi Whatsapp sebagai salah satu aplikasi chatting paling populer di dunia. Berdasarkan laporan terbaru, pengguna aktif Whatsapp saat ini telah mencapai 1 miliar pengguna.

Advertisement

Aplikasi smartphone Whatsapp sejak awal tahun tidak lagi memberlakukan biaya berlangganan selama satu tahun. Perusahaan itu berencana untuk mendapatkan pemasukan dari monetisasi komunikasi antara korporasi dan individu.

Aplikasi smartphone Whatsapp juga telah memperbarui jumlah chat grup yang awalnya 100 orang menjadi 256 orang. Pembaruan itu sudah bisa dinikmati pengguna saat ini juga. Penambahan anggota grup chat sebanyak 256 orang itu sudah ada di Whatsapp versi 2.12 di platform Android dan IOS.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif