Jogja
Selasa, 10 Mei 2016 - 06:20 WIB

UJIAN NASIONAL : Antara Jadwal Ujian Mundur & Laptop Mati

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dua siswa SMP Negeri 3 Sentolo melaksanakan Ujian Nasional (UN) di ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS) karena pertimbangan kondisi kesehatan pada Senin (9/5/2016).(Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Ujian nasional SMP memiliki sejumlah kendala

Harianjogja.com, JOGJA-Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jogja diwarnai dengan beragam persoalan, di antaranya jadwal ujian sesi pertama yang mundur, laptop siswa yang mati.

Advertisement

Waka Kurikulum SMP N 5 Jogja Abdurrahman mengungkapkan, pada sesi pertama yang dimulai pukul 07.30 WIB harus dimulai pukul 07.45 WIB dikarenakan sekolah harus menginstall ulang program Xambro versi terbaru.

Adapun kabar sekolah perlu mengganti aplikasi Xambro baru diketahui dari Kementerian pada pukul 05.30 WIB, sehingga sekolah perlu menginstall ulang komputer dan laptop siswa dengan program Xambro terbaru. Hal itu membutuhkan waktu cukup lama, meskipun program dengan mudah dan cepat terinstall namun keterbatasan Sumber Daya Manusia menjadi kendala proses install ulang berlangsung lama.

“Untuk selanjutnya proses ujian lancar dan semua komputer siap digunakan untuk sesi pertama dan kedua. Selama menunggu install ulang, siswa bisa belajar sebelum masuk ruangan,” kata dia.

Advertisement

Sementara itu, salah seorang siswa Kelas IX SMP N 5 Jogja Muhammad Farrel Rafirizqy menyatakan, di laboratorium Bahasa server lima, tempat ia mengerjakan ujian, sempat terjadi beberapa kendala, misalnya saja laptop beberapa siswa yang mati, dan jawaban soal yang sama dalam pilihan jawaban.

“Tapi bisa diantisipasi, walaupun laptop mati, jawaban sudah tersimpan di server, siswa bisa melanjutkan lagi,” tuturnya usai mengerjakan UN.

Install ulang komputer secara mendadak juga dilakukan oleh SMP N 8 Jogja. Seperti disampaikan oleh Kepala SMP N 8 Jogja Nuryani Agustina, sekolah tidak memiliki kendala untuk melakukan install ulang, karena memiliki lima orang teknisi dan lima orang proktor yang mendukung dilakukannya install ulang dengan lebih cepat. Sehingga install ulangsudah selesai pukul 06.00 WIB dan tidak mengganggu UNBK di sekolah.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif