Jogja
Selasa, 10 Mei 2016 - 10:20 WIB

UJIAN NASIONAL : 21 Siswa Tidak Hadir UN, Mengapa?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi JIBI/Harian Jogja/Antara

Ujian nasional SMP memiliki sejumlah kendala

Harianjogja.com, JOGJA — Setidaknya 11 siswa Kota Jogja mengundurkan diri dari Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Advertisement

Sebanyak 21 orang peserta UN tidak hadir dalam pelaksanaan hari pertama UN 2016 jenjang SMP/MTs di Kota Jogja. 21 orang ini terdiri dari 11 orang mengundurkan diri, 10 orang lainnya tidak hadir tanpa keterangan yang jelas. Data adanya 11 orang yang mengundurkan diri ini, diketahui dari laporan para kepala sekolah yang hadir dalam Evaluasi Pelaksanaan UN di Kantor Dinas Pendidikan Kota Jogja.

Sekretaris UN 2016 Kota Jogja Rohmat menyebutkan, pihaknya masih menunggu kabar dari sekolah mengenai 10 orang peserta yang tidak mengikuti UN tanpa keterangan tadi, hingga hari kedua pelaksanaan UN (Selasa,10/5), disertai surat keterangan dari guru dan wali murid. Pasalnya masih ada kemungkinan siswa yang tidak hadir tanpa keterangan tadi berpotensi mengikuti UN Susulan.

Laporan di hari kedua akan menjadi bekal bagi panitia untuk menyiapkan soal dan pengawas bagi pelaksanaan UN Susulan bagi mereka. Laporan ini penting, mengingat walaupun nilai tidak memengaruhi kelulusan, kehadiran saat UN menjadi syarat kelulusan UN.

Advertisement

“Kalau ada yang tidak mengikuti UN dan dipastikan bukan karena mengundurkan diri, bisa dikejar. Bisa saja mereka tidak perlu mengikuti UN selama empat hari, namun hanya mengikuti ujian yang jadwalnya tidak mereka hadiri saja,” ucapnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif