Soloraya
Senin, 9 Mei 2016 - 10:15 WIB

UJIAN NASIONAL SMP : Sedikitnya 14.000 Siswa Ikuti UN SMP/MTs di Wonogiri

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional SMP (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Ujian nasional (UN) SMP di Wonogiri diikuti sedikitnya 14.000 siswa.

Solopos.com, WONOGIRI – Sekitar 14.000 siswa dari jenjang pendidikan SMP/MTs sederajat melaksanakan ujian nasional (UN), Senin (9/5/2016). Pelaksanaan UN tersebar di 146 sekolah.

Advertisement

Berdasarkan jadwal yang tertera di prosedur operasional standar (POS) UN 2016, pelaksanaan UN SMP/MTs/SMPLB dilaksanakan mulai Senin (9/5)-Kamis (12/5). Dalam satu hari akan diujikan satu mata pelajaran. Menurut Kepala Seksi Kurikulum SMP/SMA Dinas Pendidikan Wonogiri, Bambang Suwondo, pada Sabtu (7/5) telah dilakukan distribusi naskah UN. Selanjutnya naskah tersebut disebar di lima sub rayon di Kabupaten Wonogiri. Kelima sub rayon tersebut adalah Wonogiri, Wuryantoro, Baturetno, Jatisrono dan Purwantoro. Diharapkan pada pelaksanaan UN, sekolah pelaksana UN yang berada di 25 kecamatan dapat mengambil naskah UN di sub rayon terdekat.

“Untuk sub rayon Wonogiri misalnya, akan melayani sekolah yang berada di Wonogiri, Selogiri, Ngadirojo dan Nguntoronadi,” kata dia, Minggu (8/5/2016).

Bambang mengatakan dari 146 sekolah yang melaksanakan UN, ada dua SMP yang menyelenggarakan UN berbasis komputer (UNBK). Keduanya adalah SMPN 1 Wonogiri dan SMPN 2 Wonogiri.

Advertisement

Selain UN SMP/MTs/SMPLB, pada hari yang sama juga dilaksanakan ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK). Namun pelaksanaan UNPK hanya berlangsung selama tiga hari saja. Sebelumnya Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan Wonogiri, Sarwono, jumlah peserta UNPK Paket B pada tahun ini sebanayak 264 orang.

“Kami telah melakukan koordinasi dengan beberapa perusahaan di Wonogiri agar memberi izin kepada tenaga kerjanya yang menjadi peserta UNPK agar dapat mengikuti UNPK,” kata dia belum lama ini.

Sementara itu pada Sabtu (7/5/2016), telah dilaksanakan pengumuman hasil UN dan kelulusan untuk jenjang pendidikan SMA/SMK sederajat. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Wonogiri, Siswanto, dari sekitar 9.400 peserta UN SMA/MA/SMALB/SMK, semuanya lulus.

Advertisement

“Untuk jenjang SMA/SMK sederajan Wonigiri lulus 100 persen,” kata dia.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif