Foto ilustrasi (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)
Senin, 9 Mei 2016 21:15 WIB Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos Klaten Share :

UJIAN NASIONAL
2 Siswa SMP Klaten Enggan Ikuti Ujian

Ujian Nasional, ada 2 siswa SMPN 2 Klaten yang tak ikut ujian.

Solopos.com, KLATEN–Sebanyak dua siswa SMPN 6 Klaten memilih tak ikut ujian nasional (UN). Tak diketahui secara jelas alasan kedua siswa itu tak ikut ujian.

Kepala SMPN 6 Klaten, Wiyarto, mengatakan ada 268 siswa yang mengikuti UN. Dari jumlah itu, awalnya ada tiga siswa yang tidak mau mengikuti UN. Namun, salah satu siswa akhirnya mau mengikuti UN setelah didatangi guru sekolah setempat.

“Tadinya yang satu siswa itu tidak mau. Setelah didatangi dan diberikan penjelasan termasuk ke orang tua, akhirnya bersedia mengikuti ujian,” jelas Wiyarto saat ditemui wartawan di SMPN 6 Klaten, Senin (9/5/2016).

Para guru juga sudah mendatangi orang tua termasuk dua siswa tersebut. Meski sudah diberikan penjelasan, dua siswa masing-masing laki-laki dan perempuan itu tetap tidak mau mengikuti UN.

Wiyarto mengatakan dua siswa itu sudah tidak masuk sekolah sejak sebulan lalu. “Pada ujian sebelum UN juga tidak ikut. Kami sudah berupaya menjemput, memberikan penjelasan tetapi benar-benar tidak mau ikut. Tidak tahu alasannya apa. Orang tua juga kewalahan memberitahu mereka. Ya terpaksa tidak lulus,” urai dia.

lowongan pekerjaan
Gramedia Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kanibalisasi Akademis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (11/01/2018). Esai ini karya Abdul Gaffar, mahasiswa Program Doktoral Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah c.guevar@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dunia akademis (kampus) dihebohkan dengan isu kapitalisasi dan kanibalisasi akademis sebagai akibat…