Jatim
Senin, 9 Mei 2016 - 15:05 WIB

LISTRIK JATIM : PLN Madiun Cukupi 93% Kebutuhan Listrik di 4 Wilayah

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Listrik Jatim ini terkait kinerja PLN Area Madiun.

Madiunpos.com, MADIUN – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Madiun telah mampu memenuhi sebagian besar kebutuhan listrik masyarakat di empat daerah kota/kabupaten dengan rasio elektrifikasi wilayah mencapai 93 persen.

Advertisement

Asisten Manajer Pelayanan dan Administrasi PLN Area Madiun Jainuri di Madiun, Kamis (5/5/2016), mengatakan wilayah PLN Area Madiun meliputi Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Magetan, dan Ngawi yang terbagi menjadi tujuh rayon.

“Dari sejumlah wilayah tersebut, rasio elektrifikasinya mencapai 93 persen lebih,” kata dia. Untuk diketahui, rasio elektrifikasi adalah perbandingan antara jumlah kepala keluarga (KK) dengan rumah yang telah dialiri listrik.

Advertisement

“Dari sejumlah wilayah tersebut, rasio elektrifikasinya mencapai 93 persen lebih,” kata dia. Untuk diketahui, rasio elektrifikasi adalah perbandingan antara jumlah kepala keluarga (KK) dengan rumah yang telah dialiri listrik.

Jainuri mengatakan kebanyakan wilayah yang telah mendapatkan pasokan listrik di daerah perkotaan, sedangkan sisanya sekitar 7 persen yang belum teraliri listrik berada di daerah terpencil dekat pegunungan.

“Sekitar 7 persen yang belum teraliri listrik tersebut di antaranya terdapat di wilayah pedalaman Kabupaten Ngawi, seperti Mantingan dan Karanganyar. Ada juga sebagian wilayah Caruban,” kata dia.

Advertisement

“Secara kajian investasi, dinilai masih sangat minim hingga akhirnya belum dipasang jaringan listrik,” kata dia.

Guna mengurangi jumlah warga yang belum dapat menikmati listrik tersebut, PLN melibatkan pihak terkait, seperti Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur yang terus berupaya melakukan kerja sama dengan berbagai pihak di wilayah Jatim yang masih bermasalah dengan kelistrikan.

Salah satu upaya tersebut diwujudkan dengan pemberian bantuan hibah pemasangan listrik gratis di Kabupaten Madiun dan Ngawi dari Kementerian ESDM yang disalurkan melalui Yayasan Terang untuk Bangsa selaku pendamping kelompok-kelompok masyarakat kurang mampu.

Advertisement

“Melalui program tersebut, pada tahun 2015 telah ada sekitar 238 kepala keluarga dari warga miskin yang terbantu mendapatkan listrik gratis sebesar 450 VA. Pada tahun 2016, sejauh ini sudah ada 115 warga miskin Ngawi yang mendapat bantuan listrik gratis tersebut,” terangnya.

Ketua Yayasan Terang Untuk Bangsa Iwan Susanto mengatakan masih banyak rumah tangga miskin di Kabupaten Madiun dan Ngawi yang belum teraliri listrik secara mandiri. Mereka kebanyakan berada di daerah terpencil, seperti Kecamatan Kare dan Gemarang.

“Berdasarkan survei kami bersama Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, jumlah rumah tangga miskin di Kabupaten Madiun yang belum memakai KWH PLN secara sendiri mencapai 16.000 KK dan di Ngawi sekitar 4.800 KK,” katanya.

Advertisement

Yayasan Terang untuk Bangsa mencatat dari tahun 2012 hingga 2014, warga miskin di Kabupaten Madiun yang telah menerima bantuan pemasangan listrik gratis mencapai 4.855 KK.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif