News
Senin, 9 Mei 2016 - 11:10 WIB

KABAR DUKA : Kena Serangan Jantung, Anggota DPR yang juga Eks Jaksa Agung Andi Ghalib Wafat

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Andi Ghalib (mpr.go.id)

Kabar duka datang dari anggota DPR yang juga mantan Jaksa Agung Andi Ghalib yang berpulang hari ini.

Solopos.com, JAKARTA – Mantan Jaksa Agung era Presiden BJ Habibie, Andi Muhammad Ghalib mengembuskan nafas terakhirnya pagi ini di RS Medistra Jakarta. Almarhum Andi Ghalib saat ini merupakan anggota Komisi I DPR dari Fraksi PPP.

Advertisement

“Pak Andi meninggal pukul 06.00 WIB. Beliau sudah sakit lama. Setahu saya karena gangguan prostat. Kalau ke DPR pakai kursi roda, beliau sering datang,” ujar Sekjen PPP Arsul Sani saat dikonfirmasi detikcom, Senin (9/5/2016).

Sosok Andi Ghalib menurut Arsul merupakan politikus pekerja keras. Purnawirawan jenderal TNI bintang tiga itu pernah menjadi Duta Besar Luar Biasa dan berkuasa penuh RI untuk India.

Advertisement

Sosok Andi Ghalib menurut Arsul merupakan politikus pekerja keras. Purnawirawan jenderal TNI bintang tiga itu pernah menjadi Duta Besar Luar Biasa dan berkuasa penuh RI untuk India.

“Pengalaman beliau dari TNI ke politikus memperlihatkan etos kerja. Pengalaman beliau pernah menjadi jaksa agung era Presiden Habibie dan Duta Besar RI untuk India,” tuturnya.

Andi Ghalib meninggal di RS Medistra Jakarta hari ini. Menurut putra almarhum Andi Ghalib, Andi Azhar, ayahnya meninggal karena terkena serangan jantung.

Advertisement

Jenazah Andi M Ghalib SH, kemudian tiba di rumah duka, Jl. Raya Ceger, TMII Nomor 99, Jakarta Timur, setelah dibawa dari RS Medistra Jakarta. Beberapa pejabat berdatangan untuk melayat. Jenazah tiba pukul 08.00 WIB,  dan langsung dibawa ke ruang tengah rumah duka.

Tidak berapa lama, datang anggota DPR dari FPKS Mahfudz Siddiq dan Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana alias Lulung. Mahfudz datang lebih dulu dan langsung menyalami keluarga Andi kemudian membacakan surat Yasin.

“Beliau merupakan sosok negarawan. Kami segenap anggota DPR merasa kehilangan beliau,” kata Mahfudz usai melayat.

Advertisement

Setelah Mahfudz datang, Lulung datang sendiri. Politisi PPP itu menyalami keluarga dan menyampaikan duka cita.

Rencananya jenazah akan dimakamkan di TMP Kalibata pukul 15.00 WIB. Wapres JK dan Jaksa Agung M Prasetyo akan menghadiri pemakaman tersebut.

Andi Ghalib merupakan mantan Duta Besar RI untuk India sejak 8 April 2008 hingga 2013 di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Andi yang lahir di Bone, Sulawesi Selatan, 3 Juni 1946 itu juga pernah menjadi Jaksa Agung era Presiden BJ Habibie (1998-1999). Dia merupakan Jaksa Agung yang membawa mantan presiden Soeharto ke peradilan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif