Jogja
Senin, 9 Mei 2016 - 14:20 WIB

BAKTI SOSIAL : Siswa Tanam 1000 Pohon Buah di Kegiatan Kemah Akhir Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Perwakilan siswa dari SMK Muhammadiyah 1 Bantul saat melakukan kegiatan sosial menanam 1000 pohon buah di Dusun Bungsing, Guwosari, Pajangan, Bantul, Minggu (8/5/2016). (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja)

Bakti sosial digelar Siswa SMK Muhammadiyah 1 Bantul di Dusun Kalakijo dan Dusun Bungsing, Pajangan, Bantul, Minggu (8/5/2016)

Harianjogja.com, BANTUL- Siswa SMK Muhammadiyah 1 Bantul melaksanakan kegiatan sosial berupa menanam 1000 pohon buah di Dusun Kalakijo dan Dusun Bungsing, Pajangan, Bantul, Minggu (8/5/2016).

Advertisement

Kegiatan sosial tersebut merupakan rangkaian dua acara dari dua ekstrakurikuler di sekolah mereka yakni Hizbul Watan dan Tapak Suci.

Kegiatan berupa kemah bakti akhir tahun tersebut berlangsung selama tiga hari, Staff Kesiswaan sekaligus Ketua Panitia Kemah akhir tahun Ahmad Hanafi mengatakan, acara kemah akhir tahun ini merupakan acara rutin tahunan kemudian untuk menambahkan muatan sosial dalam acara ini, pihak sekolah juga melaksanakan kegiatan bakti sosial penanaman pohon.

“Pelaksanaan menanam 1000 pohon buah ini, sebagai wujud kepedulian kami, juga dengan kegiatan sosial seperti ini semoga bisa untuk menambah semangat siswa kelas X yang akan menghadapi ujian kenaikan kelas,” papar Hanafi, Minggu (8/5/2016).

Advertisement

Hanafi mengatakan, mengapa para siswa dan pihak sekolah menanam 1000 pohon buah karena dirasa tanaman buah yang mudah dirawat oleh warga sekitar, “nanti jika sudah tumbuh dan berbuah harapannya juga bisa dimanfaatkan oleh warga,” katanya.

Kagiatan yang diikuti oleh 430 siswa kelas X ini terdiri atas 130 siswa mengikuti kagiatan kemah akhir tahun Hizbul Watan, dan 270 siswa mengikuti kegiatan pembekalan Tapak Suci.

Kemudian selain kelas X, pihak sekolah juga melangsungkan kegiatan di Taman Wisata Baturaden, Purwokerto, sebagai rasa syukur atas kelulusan siswa kelas XII.

Advertisement

“Agar siswa kelas XII tidak berbuat yang macam-macam, jadi pihak sekolah mengajak untuk kegiatan berlibur dan juga disana ada kegiatan bakti sosial juga,” tegas Hanafi.

Kepala Dusun Bungsing, Guwosari, Pajangan, Bantul, Ichwan sangat menyambut baik acara sosial seperti ini menyambangi wilayahnya, ia mengatakan meskipun sudah banyak pohon di wilayahnya tidak ada salahnya jika kegiatan sosial penanaman pohon seperti ini terus dilakukan.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, kemudian untuk penanaman pohon saya arahkan yang dekat dekat dengan rumah warga agar nanti bisa dirawat oleh mereka. Jenis tanaman buah ada Jambu, Mangga, Kelengkeng, dan Alpukat nanti jika sudah berbuah kan kalau dekat dengan rumah warga bisa dipanen oleh mereka, sehingga sangat bermanfaat,”tegasnya.

Advertisement
Kata Kunci : BAKTI SOSIAL Tanam Pohon
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif