Jateng
Minggu, 8 Mei 2016 - 05:50 WIB

UJIAN NASIONAL 2016 : Redam Arak-Arakan, SMA Salatiga Umumkan Online Hasil UN

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penertiban arak-arakan seusai pengumuman hasil UN 2016 oleh polisi anggota Polres Salatiga, Sabtu (7/5/2016). (Facebook.com-Polres Salatiga)

Ujian Nasional 2016 diumumkan Sabtu sore, Salatiga memilih mengumumkan secara online.

Semarangpos.com, SALATIGA – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Salatiga menginstruksikan kepada setiap sekolah mengumumkan hasil Ujian Nasional 2016 dan kelulusan para siswa secara online. Langkah itu dipilih demi menghindari arak-arakan siswa pascapwngumuman hasil UN 2016.

Advertisement

Ketua Panitia Ujian Nasional 2016 Kota Salatiga, Agus Hari Supomo, Kamis (5/5/2016) malam, mengungkapkan langkah itu disepakati perwakilan dari seluruh SMA atau sederajat di Kota Salatiga. Dalam pertemuan disepakati bahwa pengumuman kelulusan atau hasil UN 2016 untuk siswa SMA dan sederajat di Salatiga akan dilakukan pada Sabtu (7/5/2016) sore, tepatnya mulai pukul 15.00.

“Sesuai dengan kesepakatan dalam pertemuan itu, tiap sekolah diminta untuk mengumumkan hasil UN secara online melalui web masing-masing sekolah. Tapi, kalau sekolah itu belum berbasis IT, tentu kami berikan keringanan untuk mengumpulkan siswa dan orang tuanya untuk memberikan hasil UN,” tutur Agus dalam pesan singkatnya kepada Semarangpos.com, Jumat (6/5/2016).

Agus mengaku metode mengumumkan hasil Ujian Nasional 2016 melalui website masing-masing sekolah itu dilakukan guna mengantisipasi perayaan kelulusan yang akan dilakukan oleh para siswa. Pada tahun-tahun sebelumnya, perayaan kelulusan para siswa SMA dan sederajat selalu diisi dengan pesta corat-coret seragam, kemudian dilanjutkan dengan arak-arakan dengan menggunakan sepeda motor di jalan raya.

Advertisement

“Perayaan-perayaan seperti itu lah yang coba kami antisipasi supaya tak terjadi lagi tahun ini. Kami tak mau pesta perayaan kelulusan yang dilakukan para siswa justru berpotensi mengganggu ketertiban umum,” tutur pria yang juga menjabat sebagai kepala seksi pendidikan menegah (Kasidikmen) Disdikpora Salatiga itu.

Dari data yang diterima Semarangpos.com, 81 sekolah SMA dan sederajat di Kota Salatiga mengumumkan hasil Ujian Nasional 2016 dan kelulusan bagi ribuan siswa. Dari 81 sekolah itu, tercatat ada ribuan siswa yang menerima hasil kelulusan itu.

 

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif