Teknologi
Minggu, 8 Mei 2016 - 00:00 WIB

PENJUALAN SMARTPHONE : Samsung Ungguli Apple di Amerika Serikat

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge (Liputan6.com)

Penjualan smartphone Samsung Galaxy melebihi Iphone bikinan Apple di Amerika Serikat.

Solopos.com, SOLO — Vendor asal Korea Selatan, Samsung, sukses mendominasi penjualan smartphone di Amerika Serikat. Samsung sukses mengalakan tuan rumah sekaligus rival berat, Apple.

Advertisement

Sebagaimana dikutip dari Forbes, Sabtu (7/5/2016), menurut laporan biro riset Counterpoint Research, Samsung merebut dominasi Apple dalam penjualan smartphone di Amerika Serikat sepanjang kuartal pertama 2016 dengan pangsa pasar 28,8%.

Dominasi Samsung dalam penjualan smartphone di Amerika Serikat karena adanya Galaxy S7 yang ternyata sangat populer di Amerika Serikat. Adanya Samsung Galaxy S7 membuat pangsa pasar Apple turun di posisi kedua dengan pangsa pasar 23%.

Di posisi ketiga, vendor asal Korea Selatan, LG, memiliki pangsa pasar  17,1% dan vendor asal Tiongkok, ZTE dengan pangsa pasar 6,6% serta Alcatel dengan pangsa pasar 4,5%.

Advertisement

Samsung menyebutkan keuntungan pada kuartal pertama 2016 mencapai US$4,6 miliar atau Rp60,7 triliun. Keuntungan Samsung itu naik sebesar 14% dari tahun lalu. Keuntungan kuartal pertama 2016 juga naik sebesar 40% dibanding akhir kuartal keempat 2015.

Naiknya pendapatan Samsung kali ini disebabkan penjualan smartphone terbaru Galaxy S7 dan S7 Edge yang luar biasa. Selain ponsel, Samsung juga sebenarnya menjual jam tangan, televisi, kulkas peralatan teknologi lain.

Tapi penjualan smartphone terbaru Galaxy S7 dan S7 Edge membuat pendapatan Samsung naik drastis dibanding tahun lalu. Bahkan saat ini berkat duo Galaxy S7 itu, Samsung masih memimpin penjualan smartphone di seluruh dunia.

Advertisement

Di peringkat pertama penjualan smartphone kuartal pertama 2016, Samsung sukses menjual 81,9 juta unit Apple yang berada di posisi kedua mampu menjual 51,2 juta unit. Di posisi tiga, vendor Tiongkok, Huawei, sukses menjual 27,5 juta unit ponsel.

Samsung percaya diri penjualan smartphone Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge akan terus naik. Dengan begitu performa perusahaan Korea Selatan itu akan terus membaik di tengah persaingan keras tersebut.

Menurut analis, smartphone terbaru Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 di kuartal kedua diprediksi terjual 52 juta unit. Kita tunggu saja performa perusahaan Samsung terkait Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge hingga kuartal keempat 2016.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif