Soloraya
Minggu, 8 Mei 2016 - 17:30 WIB

PENGUMUMAN HASIL UN : 11 Siswa di Sukoharjo Raih Nilai Sempurna

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ekspresi kegembiraan siswa saat hasil Ujian Nasional diumumkan. (JIBI/Solopos/Antara/ilustrasi)

Pengumuman hasil UN telah digelar dan sejumlah siswa di Sukoharjo meraih angka sempurna.

Solopos.com, SUKOHARJO – Sebanyak 11 siswa tingkat SMA dan SMK di Sukoharjo mendapat nilai sempurna atau 100 pada Ujian Nasional (UN). Sementara tingkat kelulusan siswa tingkat SMA dan sederajat mencapai 100 persen.

Advertisement

Pengumuman kelulusan siswa tingkat SMA dan sederajat dilakukan di sekolahnya masing-masing, Sabtu (7/5/2016) sekitar pukul 16.00 WIB. Pantauan solopos.com, para siswa kelas XII merayakan kelulusan dengan berbagai cara seperti aksi corat-coret seragam sekolah mulai pukul 10.00 WIB. Kemudian, mereka melakukan konvoi mengelilingi wilayah Sukoharjo. Aksi ini berlangsung hingga kelulusan para siswa tingkat SMA dan sederajat diumumkan pihak sekolah.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan (Disdik) Sukoharjo, tingkat kelulusan siswa SMA dan SMK di Sukoharjo mencapai 100 persen. Jumlah siswa SMA yang mengikuti UN sebanyak 4.164 siswa.

Sedangkan siswa SMK sebanyak 6.429 siswa. Sementara jumlah siswa yang mendapat nilai sempurna sebanyak 11 siswa. Perinciannya, jumlah siswa yang mendapat nilai 100 mata pelajaran (mapel) matematika sebanyak lima siswa, Bahasa Jepang satu siswa dan Ekonomi satu siswa.

Advertisement

Para siswa yang meraih prestasi nilai sempurna merupakan siswa SMAN 1 Sukoharjo. Selain itu ada empat siswa SMK yang juga mendapat nilai sempurna. Sehingga jumlah total siswa SMA dan SMK yang meraih nilai sempurna sebanyak 11 siswa.

Kepala SMAN 1 Sukoharjo, Darno, mengatakan terdapat tujuh siswa kelas XII yang meraih prestasi mendapat nilai sempurna. Selama ini, mereka memang siswa yang mempunyai prestasi akademik di atas rata-rata. “Ini prestasi membanggakan bagi kami karena dapat membimbing para siswa berprestasi,” kata dia, saat dihubungi solopos.com, Minggu (8/5/2016).

Selain nilai sempurna, SMAN 1 Sukoharjo juga meraih prestasi gemilang lainnya yakni peringkat I jurusan Bahasa dan peringkat II jurusan IPS di Provinsi Jateng. Menurut dia, prestasi emas ini merupakan kerja keras para siswa saat menempuh bangku sekolah selama tiga tahun.

Advertisement

Dia berharap para siswa lainnya mampu menunjukkan prestasi akademik sehingga kualitas pendidikan di Sukoharjo meningkat secara bertahap. “Harapan saya, kualitas pendidikan di Sukoharjo dapat mengungguli daerah lainnya di wilayah Soloraya dan Jawa Tengah,” papar Darno.

Seorang siswa kelas XII SMAN 3 Sukoharjo, Wawan, mengatakan berniat melanjutkan kuliah setelah lulus sekolah. Dia berencana bakal mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Apabila tak diterima, ia berencana mendaftar ke sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) di Jogja. “Prioritas utama tetap PTN, saya bakal mendaftar ke UNS Solo,” kata dia.

Di sisi lain, Kepala Bidang SMP dan SMA Dinas Pendidikan (Disdik) Sukoharjo, Dwi Atmojo Heri, belum bisa dimintai konfirmasi mengenai tingkat kelulusan siswa SMA. Saat solopos.com menghubungi ponselnya tak direspons. Begitu pula dengan Kepala Disdik Sukoharjo, Bambang Sutrisno, belum merespons saat dihubungi solopos.com.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif