News
Minggu, 8 Mei 2016 - 14:45 WIB

FENOMENA ALAM : Langka! Merkurius Bakal Transit di Matahari 9 Mei

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pesawat antariksa Messenger milik NASA sudah melakukan perjalanan selama lebih dari 6,5 tahun sebelum dimasukkan ke orbit sekitar Merkurius pada Maret 2011.(JAntara/NASA/JHU APL/Carnegie Institution of Washington)

Fenomena alam yang terbilang langka bakal terjadi 9 Mei 2016.

Solopos.com, LOS ANGELES – Fenomena alam yang terbilang langka bakal terjadi. Kabarnya, pada 9 Mei 2016 nanti, planet Merkurius bakal transit dan melalui matahari.

Advertisement

Peristiwa ini akan sangat jelas dilihat di Amerika dan Eropa Barat, beberapa wilayah di Afrika, serta sebagian wilayah Asia. Masyarakat Indonesia sendiri bisa melihat titik kecil berwarna hitam melewati matahari pukul 11:12–18:42 WIB.

Dikutip dari laman Washington Post, Minggu (8/5/2016), planet terkecil di tata surya itu akan transit melalui matahari selama tujuh jam. Kejadian ini terakhir kali berlangsung 10 tahun lalu. Maka untuk melihatnya, gunakan filter yang sama seperti yang digunakan untuk menonton gerhana matahari total beberapa bulan lalu.

Ini merupakan transit Merkurius pertama sejak 2006, dan kita tidak akan melihatnya lagi sebelum 2019. Merkurius sendiri memiliki periode orbit selama 88 hari, sehingga menjadi pengorbit tercepat di tata surya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif