Jateng
Sabtu, 7 Mei 2016 - 21:50 WIB

PT KAI Bantah Buka Lowongan Kerja, Waspadai Penipuan!

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi PT Kereta Api Indonesia (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

PT KAI membantah broadcast message yang menyebutkan adanya lowongan kerja pegawai mengatasnamakan PT KAI.

Semarangpos.com, SEMARANG PT Kereta Api Indonesia (KAI) membantah membuka lowongan kerja pegawai untuk berbagai posisi dengan menawarkan gaji antara Rp3,3 juta sampai Rp8,8 juta.

Advertisement

“KAI saat ini tidak membuka lowongan pekerjaan. Jadi kalau ada yang menawarkan recruitment pegawai KAI merupakan penipuan. Masyarakat agar berhati-hati,” kata Manager Humas PT KAI Daops IV Semarang Gatut Sutiyatmoko dihubungi Semarangpos.com, Kamis (5/5/2016).

Informasi lowongan kerja yang mengatasnamakan PT KAI itu terpantau marak beredar secara broadcast message di berbagai media sosial dan aplikasi messenger seperti Whatsapp. Dalam pesan yang telah tersebar luas tersebut, disebutkan KAI membutuhkan 1.144 karyawan pada 2016 untuk posisi administrasi, tenaga operasional, pemeliharaan sarana dan prasarana, operator mesin perawat jalan rel, dan calon masinis dengan tawaran penghasilan antara Rp3,3 juta sampai dengan Rp8,8 juta.

Dalam pengumuman lowongan kerja itu disebutkan para pelamar kerja yang berminat dapat mendaftar dengan cara mengirimkan berkas lamaran ke email recruitment.keretaapi@gmail.com. ”Proses recruitment pegawai yang dilakukan KAI, mulai pengumuman sampai proses pengiriman berkas hanya dilakukan melalui website resmi KAI yakni www.rekrut.kereta-api.co.id. Jadi kalau menggunakan gmail.com jelas penipuan,” ungkap Gatot.

Advertisement

Menurut dia, dalam pelaksanaan perekrutan pegawai yang dilakukan KAI tidak dikenakan biaya apapun, termasuk uang muka, uang tanda jadi, atau segala jenis biaya lainnya.”Saya mendapat informasi sudah ada calon pelamar yang membayar uang. Padahal proses recruitment pegawai KAI tidak dikenai uang,” tandasnya.

Untuk itu, Gatot, mengimbau kepada masyarakat agar waspada atas segala upaya penipuan yang memanfaatkan momen perekrutan pegawai yang beberapa waktu lalu dilakukan KAI bekerja sama dengan beberapa universitas negeri terkemuka di Indonesia. Masyarakat, imbuh dia, diharapkan lebih teliti bila mendapatkan pesan berupa pengumuman rekrutmen pegawai di KAI agar mengecek ke website www.rekrut.kereta-api.co.id atau datang ke kantor KAI Daops IV di Jl. Thamrin, Semarang.

”Kami mengimbau masyarakat tidak menyebarkan pesan tentang pengumuman rekrutmen KAI untuk menghindari semakin banyaknya orang yang tertipu,” harap Gatot.

Advertisement

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Kata Kunci : Lowongan Kerja
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif