Jogja
Sabtu, 7 Mei 2016 - 06:20 WIB

LIBURAN DI JOGJA : Gunungkidul Macet, Arus Balik Dialihkan Lewat JJLS

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI)

Liburan di Jogja diwarnai macet total di jalur Gunungkidul

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL –– Libur panjang memperingati hari kenaikan Isa Almasih dan Isra Miraj dimanfaatkan oleh sejumlah warga untuk berkunjung ke objek wisata yang berada di Gunungkidul. Hal tersebut berdampak pada melonjaknya kunjungan wisatawan dan mengakibatkan kemacetan di sejumlah ruas jalan.

Advertisement

Berdasarkan pantauan, arus kendaraan cukup padat pada jalur perbatasan Bantul-Gunungkidul. Selain disebabkan antrian lampu lalulintas, sejumlah truk, mobil pribadi, bus pariwisata masih mendominasi jalan Jogja-Wonosari, Jumat (6/5/2016).

Salah seorang wisatawan asal Jogjakarta, Tama Ariandi mengaku dirinya menempuh waktu hingga 3,5 jam perjalanan untuk menuju lokasi wisata pantai dengan menggunakan kendaraan roda dua. Padahal, pada hari biasa hanya ditempuh dalam waktu dua jam saja.

“Jauh dari ekspektasi, maunya berlibur malah terjebak macet di jalan. Harus sabar, karena banyak truk dan bus besar juga, ” kata dia, Jumat (6/5/2016).

Advertisement

Ariandi mengungkapkan kemacetan telah terjadi sejak berada di simpang tiga Piyungan, Bantul yang merupakan salah satu akses menuju kawasan Gunungkidul. Meskipun begitu ia dan rombongannya memaklumi kondisi jalanan yang tidak seperti biasanya tersebut.

“Tetap lanjut berlibur, ini cukup wajar karena libur panjang,” kata dia.

Menanggapi hal tersebut, Polres Gunungkidul melalui Kepala Satuan Lalu Lintas, AKP Andrey Valentino mengungkapkan pihaknya akan melakukan rekayasa lalulintas khususnya untuk arus balik untuk mengurai kemacetan.

Advertisement

Beberapa titik kemacetan diantaranya yakni jalur Jogja-Wonosari yang akan menuju ke wisata pantai. Untuk arus balik akan dikondisikan dengan melakukan pengalihan jalur melewati Jalan Jalur Lingkar Selatan (JJLS).

“Untuk arus balik, kendaraan akan dialihkan dibeberapa titik antara lain melalui simpang empat Tegalsari dan JJLS agar arus macet sedikit terurai,” ungkapnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif