Jogja
Sabtu, 7 Mei 2016 - 04:20 WIB

LIBURAN DI JOGJA : 5 Polisi Siaga di Pantai Parangtritis

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wisata Pantai Parangtritis (JIBI/Harian Jogja)

Liburan di Jogja mendapatkan pengamanan dari aparat kepolisian

Harianjogja.com, BANTUL- Kepolisian Sektor Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menerjunkan sejumlah personel untuk membantu pengamanan di kawasan objek wisata Pantai Parangtritis selama libur panjang akhir pekan.

Advertisement

“Pengamanan khusus di objek wisata Pantai Parangtritis ada dari polres [kepolisian resor] maupun polsek jajaran, dari Polsek Kretek menerjunkan lima personel per hari,” kata Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Kretek Iptu Suparlan di Bantul, Jumat (6/5/2016).

Dia menjelaskan penerjunan personel polisi di kawasan wisata Pantai Parangtritis selain bertujuan mengantisipasi gangguan keamanan ketertiban masyarakat juga membantu kelancaran arus lalu lintas, karena selama libur panjang objek wisata itu dipadati ribuan wisatawan.

Ia mengatakan personel polisi, baik dari polsek maupun polres tersebut, disiagakan di sejumlah titik, di antaranya Tempat Pemungutan Retribusi Induk Pantai Parangtritis sebagai gerbang masuk objek wisata andalan di Bantul itu.

Advertisement

Berkaitan dengan antisipasi kecelakaan laut yang menimpa pengunjung pantai, pihaknya berkoordinasi dengan tim pencarian dan penyelamaan atau SAR pantai, untuk selalu memantau dan mengingatkan pengunjung agar tidak mandi di laut.

“Melalui pengeras suara yang ada di kawasan pantai kita sampaikan imbauan kepada pengunjung pantai supaya tidak masuk laut, setiap 15 menit kita sampaikan imbauan agar pengunjung mematuhi,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Koordinator TPR Induk Pantai Parangtritis Rohmad Ridwanto mengatakan selama dua hari, Kamis (5/5/2016) dan Jumat (6/5/2016), Pantai Parangtritis dan Depok telah dikunjungi 28.400 orang, mayoritas wisatawan menggunakan kendaraan roda dua, roda empat, dan bus pariwisata.

Advertisement

Rohmad mengatakan meski ada lonjakan jumlah pengunjung di objek wisata Pantai Parangtritis selama dua hari ini, belum menimbulkan kemacetan maupun penumpukan kendaraan wisatawan karena antre membayar retribusi di TPR.

“Tidak ada kemacetan, arus wisatawan lancar, untuk menghadapi lonjakan wisatawan selama libur panjang ini kami tambah jumlah personel di TPR, dari sebelumnya tujuh orang ditambah enam orang dari dinas,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif