News
Sabtu, 7 Mei 2016 - 13:15 WIB

LEBARAN 2016 : PT KAI akan Angkut 15.834 Motor Pemudik Gratis

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Persiapan Angkutan Motor Gratis Lebaran 2015 di Stasiun Jebres, Solo, Minggu (12/7/2015). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Lebaran 2016, 15.834 motor akan diangkut menggunakan kereta api.

Solopos.com, SOLO–Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali melayani angkutan sepeda motor gratis untuk pemudik yang memanfaatkan kereta api (KA) di lintas utara dan selatan.

Advertisement

Corporate Communication Manager PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan akan ada 35 kereta bagasi untuk memfasilitasi program angkutan gratis ini. Dia mengatakan ada tiga jalur yang akan dilintasi, yakni lintas utara dengan dioperasikan 14 kereta bagasi, lintas selatan I akan dilintasi 14 kereta bagasi sedangkan lintas selatan II akan ada tujuh kereta bagasi.

Dia mengatakan kapasitas angkutan sepeda motor gratis ini sebanyak 15.834 kendaraan. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang hanya 9.900 motor atau naik hampir 60%. Kenaikan jumlah kendaraan yang diangkut ini diharapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh pemudik.

“KA angkutan motor gratis ini akan dioperasikan selama enam hari saat arus mudik, yakni pada 28 Juni-3 Juli dan selama tujuh hari saat arus balik, yakni pada 10-16 Juli,” ungkap Eko saat dihubungi Solopos.com, Jumat (6/5/2016).

Advertisement

Dia menjelaskan lintas utara melintas dari Stasiun Jakarta Gudang hingga Stasiun Surabaya Pasar Turi dengan pemberhentian di Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, dan Babat. Jalur lintas selatan I dimulai dari Stasiun Jakarta Gudang hingga Stasiun Kutoarjo dan berhenti di lima titik, yakni Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, dan Kutoarjo. Terakhir adalah lintas selatan II yang melintasi Stasiun Jakarta Gudang sampai Stasiun Kediri dengan stasiun pemberhentian ada di Lempuyangan, Klaten, Solo Jebres, Madiun, dan Kertosono.

Dia mengatakan pendaftaran angkutan motor gratis ini telah dibuka sejak 8 Maret dan ditutup pada 6 Juni untuk arus mudik. Menurut dia, untuk masyarakat yang telah mendaftar pada 8 Maret hingga 6 Mei, PT KAI akan memfasilitasi untuk pembelian tiket mudik menggunakan KA dengan ketentuan maksimal tiga orang dalam satu keluarga untuk satu unit sepeda motor. Namun bagi yang mendaftar angkutan motor gratis setalah 6 Mei tidak difasilitasi untuk pembelian tiket mudik dengan KA.

Lebih lanjut, Eko memberi tips mengenai pembelian tiket masa angkutan Lebaran, di antaranya menjaga koneksi Internet stabil dan membeli beberapa jam setelah dibuka penjualan karena biasanya ada beberapa yang tidak segera membayar sehingga kursi kembali dijual. Apabila kehabisan tiket, bisa mencari alternatif kereta terusan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif