News
Sabtu, 7 Mei 2016 - 22:40 WIB

KISAH UNIK : Bayi Ini Lahir dengan 15 Jari Tangan dan 16 Jari Kaki

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bayi dengan jari berjumlah 31. (Istimewa/Straittimes)

Bayi ini memiliki kondisi fisik yang tak lazim dengan memiliki jari tangan dan kaki berjumlah 31.

Solopos.com, HONG KONG – Bayi yang satu ini dilahirkan dengan keadaan fisik yang terbilang unik. bayi ini dilahirkan dengan 15 ruas jari di kedua tangannya dan 16 jari kaki.

Advertisement

Ternyata kelainan ini bukan hanya dialami bayi bernama Hong Hong. Ibunya diketahui memiliki enam jari tangan dan kaki. Saat hamil, ia mengaku khawatir anaknya akan memiliki kondisi sepertinya.

Dikutip dari laman Strait Times, Sabtu (7/5/2016), bayi yang tinggal di Pingjiang, provinsi Hunan, Tiongkok, tersebut memiliki jumlah jari kaki dan tangan sebanyak 31 jari.

Hong Hong memiliki 15 ruas jari di kedua tangannya dan 16 jari kaki. Tak hanya itu, bayi berusia 4 bulan itu masih memiliki “tambahan” telapak tangan di kedua tangan namun tanpa jempol. Alhasil telapak tangannya terlihat seperti dobel.

Advertisement

Dokter mendiagnosa Hong Hong mengalami polydactylism yaitu kondisi bawaan yang bisa terjadi pada manusia, anjing, dan kucing. Menurut pusat kesehatan anak di Atlanta, kondisi ini biasanya dialami satu orang dari seribu kelahiran. Kelainan itu juga bisa diatasi dengan melakukan operasi pembuangan yang sekarang masih diusahakan oleh orangtua Hong Hong.

Sang ayah, Zou Chenglin, mengatakan bahwa saat ini Hong Hong masih terlalu kecil untuk menjalani operasi pembuangan jarinya. Dokter sendiri mengatakan operasinya akan sulit karena tak hanya membuang kelebihan tapi juga merekonstruksi jempol tangan. Pasalnya, Hong Hong tak punya jempol dan harus diberi yang palsu untuk membantunya menggenggam benda-benda.

Biaya operasi tersebut masih terbilang mahal yaitu sekitar Rp408 juta. Sejauh ini mereka sudah mendapat bantuan Rp81,6 juta yang dikumpulkan melalui internet yang sayangnya dihentikan sementara karena menuai komentar negatif.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Kisah Unik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif