Teknologi
Jumat, 6 Mei 2016 - 08:00 WIB

TIPS SMARTPHONE : Ini 5 Solusi Saat Baterai Ponsel Sulit Diisi Ulang

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi seorang pria yang kesal karena baterai smartphone lemah (golfgpsapp.com)

Tips smartphone kali ini tentang 5 solusi saat daya baterai sulit diisi ulang.

Solopos.com, SOLO — Bila baterai smartphone Anda tidak bisa diisi ulang, mungkin sudah saatnya untuk mengganti baterai baru. Namun masalahnya, bila smartphone Anda mengusung teknologi baterai non-removable, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaikinya.

Advertisement

Sebenarnya, ada beberapa antisipasi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Mengutip laman About Technology, Kamis (5/5/2016), berikut ini beberapa cara mengatasi baterai yang sulit diisi ulang:

1. Restart Smartphone

Advertisement

1. Restart Smartphone

Banyak masalah smartphone yang kerap terjadi, dapat kembali normal setelah smartphone di-restart. Langkah ini memang tidak bisa memecahkan masalah serius, tapi dengan me-restart smartphone, sejumlah sistem yang eror kemungkinan akan pulih kembali.

2. Cek Kabel USB

Advertisement

Satu-satunya cara untuk mengujinya adalah dengan mencoba kabel USB lain. Bila kabel USB bawaan smartphone Anda rusak, dianjurkan untuk membeli kabel USB baru. Tapi ingat, harus beli yang asli untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

3. Cek Power Adapter

Bila Anda melakukan pengisian baterai smartphone menggunakan power adapter bukan dengan cara menghubungkannya ke PC atau laptop dan baterai tidak bisa terisi penuh, bisa jadi power adapter Anda bermasalah.

Advertisement

Sama seperti masalah yang ada pada kabel USB, satu-satunya cara untuk mengecek masalah ini adalah dengan menggunakan power adapter lain dan mencoba untuk mengisi smartphone Anda dengan kompartemen tersebut.

4. Cek Port USB

Bila Anda tidak bisa mengisi baterai smartphone di port USB komputer Anda, mungkin port USB yang ada sudah rusak. Untuk mengujinya, coba hubungkan smartphone Anda ke port USB pada komputer lain.

Advertisement

Bila komputer lain bisa memberikan daya pada smartphone Anda, bisa dipastikan port USB pada komputer Anda rusak. Anda juga dapat mengeceknya dengan cara mencoba mencolokkan perangkat USB lain ke komputer Anda. Langkah ini dapat lebih meyakinkan Anda masalahnya memang benar-benar ada pada port USB.

5. Kunjungi Situs Resmi

Bila semua cara tersebut sudah Anda lakukan dan baterai smartphone Anda tetap tidak bisa dicas, dapat disimpulkan baterai smartphone Anda sudah mati dan perlu diganti.

Sebelum memutuskan untuk mengganti baterai smartphone dengan yang baru, Anda bisa mengunjungi situs resmi smartphone Anda atau menghubungi customer service untuk mengetahui keterangan lebih lanjut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif